Kediri (Jatimsmart.id) – Walaupun di era digital ini mempermudah aktivitas pemasaran online, namun penjual tetap harus memiliki strategi pemasaran yang jitu agar targetnya tercapai. Penjual harus memperhatikan tren saat ini agar tetap update dan tidak ketinggalan zaman, terlebih di tahun 2020 yang memaksa masyarakat untuk melakukan seluruh kegiatan secara online, termasuk berbelanja.
BACA JUGA:
- Tingkatkan Penjualan, Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM
- Pesona Kediri untuk Bisnis Properti, Harmoni Residence Hunian Mewah Harga Murah
- Mulai Bisnismu Sendiri dari Sekarang! Simak Cara Mudah Memulainya
Kondisi tersebutlah yang mengharuskan bisnis online membuat sesuatu yang berbeda dalam memasarkan produk dan menarik perhatian calon pembelinya. Tidak hanya dengan sekedar upload di social media atau platform online lainnya, penjual juga harus memilki stategi dalam pemasarannya tersebut, diantaranya;
- InfluencerInfluencer atau yang lebih dikenal dengan sebutan selebgram ini sedang naik daun di kalangan pembisnis online, pasalnya, mereka memilki followers yang banyak dan memiliki trending pasar yang sedang meningkat.
Namun, disarankan bagi pembisnis online untuk jangan asal memilih influencer. Banyak faktor yang perlu di perhatikan sebelum menetapkan pilihan, kalian bisa menganalisanya terlebih dahulu, seperti; apa image yang dimilki oleh sang influencer, perhatikan apakah image tersebut sesuai dengan brand yang ingin kalian promosikan. PErhatikan pula bagaimana cara mereka mempromosikan produk-produk online shop, bagaimana konten yang mereka kemas, termasuk video dan foto.
Menjadikan influencer untuk mempromosikan produk kita bak model iklan di TV tentunya tidak gratis. Setiap influencer mematok harganya sendiri-sendiri, harga ini mereka tentukan dari followers yang mereka milki, insight dan testimoni-testimoni lainnya. Oleh karena itu ada baiknya bagi penjual online untuk memikirkan matang-matang jika ingin menggunakan jasa influencer untuk memasarkan produknya.
- Konten Online ShopSelain menggunakan jasa influencer, kalian juga bisa membuat konten semenarik mungkin di akun social media online shop. Selain mengunggah konten jualan, kalian juga dapat mengunggah konten-konten lain yang sedang trending dan berhubungan erat dengan brand kalian. Hal ini bertujuan untuk menarik simpati dari calon pembeli. Jangan lupa untuk men-design konten tersebut semenarik mungkin dengan warna-warna yang eye-catching. Kalian juga dapat melakukan komunikasi dua arah di akun media sosial dengan menanyakan saran untuk kemajuan took dan lain sebagainya.
- Digital AdvertisingIklan digital juga tak kalah menarik perhatian bagi pembisnis online, caranya yang mudah dan biayanya yang terjangkau membuat digital advertising menjadi slaah satu alternative media pemasaran bagi pelaku toko online.
Tak hanya itu, digital marketing juga memilki kemampuan untuk menargetkan audience yang spesifik dan relevan sehingga toko online bisa menjangkau banyak orang walau hanya di dunia maya. Digital marketing juga memilki kemampuan dalam mengukur hasil iklan secara transparan. Kelebihan-kelebihan ini lah yang membuat permintaan digital advertising semakin marak di khalangan pembisnis online.
BACA JUGA:
- Potensi Pengembangan Bisnis dan Teknologi di Tangan Anak Muda
- 24 UMKM Kabupaten Kediri Terima CSR dari PDAM
- Tingkatkan Penjualan, Pemkab Kediri Gelar Pelatihan Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM
Itulah beberapa strategi dari keseluruhan strategi yang bisa Jatimsmart rekomendasikan untuk kamu pejuang bisnis online. Para pembisnis toko online bisa menyesuaikan budget dan kemampuan masing-masing untuk memilih strategi yang terbaik, seperti apa yang dikatakan oleh Raisa, pemilik toko online selama 5 tahun terakhir ini,
“Sebenernya aku lebih suka iklan digital ya, karena targetnya jelas, transparasi data dan engga terlalu mahal menurutku,” ujarnya saat ditemui, Senin (14/12).
Tak usah ragu, yuk mulai investasikan laba mu di strategi pemasaran yang kamu sukai! (gis/ydk)