sendiri

Kediri (Jatimsmart.id) – Pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh duni, termasuk Indonesia ini membuat perubahan di banyak aspek kehidupan, salah satunya ekonomi. Banyak masyarakat yang terkena imbas akibat adanya pandemi ini, diantaranya; susah mencari pekerjaan, gaji terpotong bahkan menjadi korban PHK perusahaannya. Oleh sebab itu banyak masyarakat yang mencari cara untuk teteap mendapatkan pemasukan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup.

BACA JUGA:

Jalan yang paling mudah dan banyak di pilih adalah dengan berjualan online. Zaman yang terus berkembang terutama di bidang teknologi ini, membuat masyarakat dengan mudah untuk berjuaan tanpa memiliki toko konvensional. Digitalisasi, mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pemasukan. Namun, kebanyakan orang masih kebingungan untuk memulai toko onlinenya, oleh karena itu, yuk simak beberapa langkah mudah memulai bisnis online mu sendiri!

  1. Tentukan Produk
    Menentukan produk adalah langkah utama dan hal yang paling penting dalam memulai bisnis. Produk sendiri tidak selalu berbentuk barang, kalian juga bisa menawarkan jasa untuk di jual, contohnya; jasa menulis, mendesign atau mengedit. Penentuan produk ini harus dipikirkan dengan matang, terlebih memerhatikan berbagai faktor seperti modal, tren pasar dan kesenaganmu. Yap kesenaganmu! Menjadi penjual harus senang dengan produk yang ia jual, maka dari itu kalian harus memperhatikan betul apakah produk itu yang kalian sukai atau tidak.
  1. Memperhitungan Biaya
    Seperti yang sudah di bahas pada point pertama, kalian juga harus memperhatikan modal yang kalian miliki dan keluarkan. Modal ini sendiri termasuk biaya membeli barang, operasional, packing dan lain sebagainya. Calon penjual harus memperhitungkan betul modal yang ia keluarkan untuk berjualan dan laba yang ia inginkan. Perhitungan biaya menjadi penting karena dapat mempengaruhi perputaran uang dan keberlanjutan bisnis online tersebut.
  1. Rencana Bisnis
    Faktor yang tak kalah penting lainnya adalah menentukan rencana bisnis. Dengan menentukan rencana untuk bisnismu, maka kamu akan memiliki pandangan ke depan akan apa yang harus dilakukan untuk mengembangkannya. Rencana bisnis sendiri terdiri dari, target penjualan per bulan, target balik modal, rencana pemasaran, platform yang ingin di gunakan dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

Tiga langkah ini merupakan langkah utama yang paling dasar untuk memulai bisnis online mu sendiri. Jika tiga langkah ini telah terlewati, kamu tinggal berinovasi sesuai kemauanmu sendiri untuk membuat bisnismu berkembang. Beberapa manfaat dari bisnis online diantaranya, tidak terbatas oleh waktu, biaya pemasaran lebih murah, mempermudah pengelolahan barang dan modal lebih sedikit.

“ada plus-minusnya sih kalau jualan online, tapi lebih banyak plusnya, kalau aku suka karena waktuku jadi fleksibel aja,” ungkap Rona, salah satu penggelut bisnis online.

Yuk segera buka dan kembangkan bisnismu sendiri! (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here