Kediri (Jatimsmart.id) – Mas Bup sehari ngantor di Balai Desa Tulungrejo Kecamatan Pare, (4/6/21). Begitu datang, beliau langsung meninjau tempat pelayanan yang ada di luar ruangan yaitu joglo balai desa.
Nampak masyarakat keluar masuk kantor untuk mengurus surat menyurat seperti KK, KTP, Akte Kelahiran dan lain-lain. Melihat ada warga yang sedang antri, Mas Bup Hanindhito Himawan Pramana langsung bertanya kepada warga tersebut.
BACA JUGA:
- Bicarakan Kerjasama Kewilayahan, Bupati Kediri dan Bupati Trenggalek Harap Mampu Memberikan Keberkahan Bagi Warga
- Sekolah Laksanakan KBM Tatap Muka, Bupati Kediri Pantau Langsung Kesiapan
- Bupati Kediri Panen Raya Jagung Bersama Masyarakat
“Mau mengurus apa mbak?” tanya mas Bup.
Warga Tulungrejo bernama Auriely tersebut menjawab ingin mengurus pangajuan kredit rumah. Dengan cekatan dan luwes beliau langsung memberikan pelayanan kepada warga tersebut.
Acungan jempol pun diberikan oleh Masbup kepada seluruh petugas pelayanan di balai Desa Tulungrejo, khususnya Kepala Desa yang memberikan pelayanan cepat kepada warga.
“Pelayanan administrasi yang ada di Desa Tulungrejo bisa dijadikan contoh oleh desa-desa lain agar juga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Saya berharap hal seperti ini bisa dipertahankan, karena pada hakekatnya pemerintahan itu dimulai dari tingkat desa. Seorang Bupati tanpa Kepala Desa, bukanlah siapa siapa. Artinya, kunci sebuah kesejahteraan warga adalah ada di tingkat desa,” kata Mas Bup.
Mas Bup menambahkan, untuk menangkap sebuah persoalan terkadang terdapat kendala, dimana proses laporannya sangat panjang untuk sampai ke Bupati. Oleh sebab itu beliau akan mengubah pola, dimanaMas Bup akan berkantor di balai-balai desa. Nantinya acara Jum’at Ngopi juga akan dipindah ke desa-desa.
“Hal ini akan lebih mensikronkan program-program yang ada di desa dengan Kabupaten. Prosesnya dari musrenbang desa naik ke musrenbang kecamatan kemudian ke tingkat musrenbang kabupaten. Kita awali di Desa Tulungrejo Pare karena jumlah penduduknya sangat besar, baru kemudian nanti ke desa lain,” ungkap Mas Bup.
BACA JUGA:
- Bupati Kediri Minta Seluruh Dinas Lebih Responsif Kepada Masyarakat
- Hari Pertama Jadi Bupati Kediri, Mas Dhito Tinjau Jalan Rusak
- Mas Bup Tinjau Layanan Kesehatan di RSKK dan RSUD SLG
Sementara itu Kepala Desa Tulungrejo Mat Nur Kasan menyampaikan, sejak pandemi covid 19 mewabah, seluruh pelayanan memang ditempatkan di luar ruangan. Selain tempatnya luas dan terbuka, juga untuk menghindari berkerumunnya warga saat mengurus surat-menyurat.
“Di balai desa ini setiap harinya mampu melayani sekitar 50 warga yang mengurus surat menyurat. Setiap pelayanan rata-rata membutuhkan waktu 30 menit, jadi tidak membutuhkan waktu lama. Begitu pengurus datang, petugas kami langsung menanganinya. Alhamdulillah selama sekitar 1 tahun berjalan dengan lancar. Dan dengan penerapan protokol kesehatan, penularan covid 19 dapat diminimalisir,” pungkas Mat Nur Kasan. (Ad/adv/kominfo)
I’d like to find out more? I’d love to find out more details.
Howdy! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?
I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on. Any recommendations?
This website definitely has all of the info I needed concerning this subject and didn’t know who to ask.
Great article! We will be linking to this great article on our website.
Keep up the great writing.
Just desire to say your article is as surprising. The clearness in your post is
simply excellent and i can assume you are an expert on this subject.
Well with your permission allow me to grab your RSS feed to keep up to date with forthcoming post.
Thanks a million and please keep up the enjoyable work.
Hey There. I found your blog using msn. This is an extremely well written article.I’ll make sure to bookmark it and return to read more of your useful info.Thanks for the post. I will definitely return.