Kediri (Jatimsmart.id) – Ribuan aduan dari masyarakat Kota Kediri masuk lewat empat saluran resmi pemerintah sepanjang 2021 kemarin. Soal Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil paling banyak, disusul aduan terkait Covid-19 dan persoalan yang menjadi tanggung jawab Satpol PP Kota Kediri.
Saluran-saluran resmi tersebut meliputi layanan Suara Warga (Surga) berupa tautan surga.kedirikota.go.id dan SMS ke nomor 1708. Selain itu, sejak awal masa pandemi Covid-19 di Kota Kediri, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, menyediakan saluran pengaduan tambahan melalui call center Covid-19 di nomor (0354) 2894000 dan Whatsapp di nomor 08113787119.
Kepala Dinas Kominfo Kota Kediri, Apip Permana mengatakan pada tahun 2021 Pemerintah Kota Kediri berhasil menindaklanjuti ribuan aduan dari berbagai saluran resmi tersebut.
Baca Juga :
- Melihat Takraw Keranjang, Olahraga Asli dari Kediri
- Nama Bupati Kediri Dicatut dalam Aksi Penipuan, Pelaku Coba Tipu Pengurus Masjid
- Imigrasi Kediri Buka Layanan di Mall, Urus Paspor Bisa Sambil Belanja
“Berdasarkan hasil rekapitulasi periode 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021 berhasil menangani 1114 aduan melalui website SURGA dan SMS sebanyak 11 aduan,” ungkap Apip, Selasa, 29 Maret 2022.
Lebih lanjut menurut Apip, di masa saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai beralih ke layanan internet, website menjadi paling dominan yang dimanfaatkan warga.
“Tidak heran, di era revolusi industri 4.0 ini, banyak masyarakat kita yang sudah melek teknologi karena dinilai lebih praktis dan murah. Meski demikian, tetap kami sediakan layanan SMS untuk menjangkau masyarakat yang mungkin masih belum familiar dengan teknologi internet,” jelas Apip.
Baca Juga :
- BPPKAD Kota Kediri Sukses Naikkan Penerimaan PBB 2021 Hingga 16%
- Polisi di Kediri Terjun Percepat Distribusi Migor dari Gudang ke Agen dan Toko Retail
- Serahkan SK CPNS, Ini Harapan Bupati Tulungagung Maryoto Birowo
Sementara itu, untuk aduan melalui layanan SURGA didominasi permintaan layanan warga pada OPD Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sebanyak 490 aduan, diikuti dengan Dinas kominfo sebanyak 247 aduan, Dinas Kesehatan sebanyak 95 aduan, Dinas Sosial 64 aduan dan Satpol PP 35 aduan.
“Puncak aduan melalui SURGA ada pada bulan Juni, yakni sebanyak 189 aduan. Hal ini dikarenakan merebaknya varian delta,” imbuh Apip.
Sedangkan untuk layanan Call Center Covid-19 sejak awal Covid-19 sampai dengan 9 November 2021 tercatat sebanyak 5.962 aduan. “Mayoritas masyarakat banyak memanfaatkan jalur Whatsapp untuk melakukan pengaduan sebesar 86% dibandingkan melalui hotline (0354) 2894000,” ujarnya.
Lebih lanjut, untuk aduan atau pertanyaan melalui call center Covid-19 Kota Kediri, didominasi dengan layanan permintaan ambulans, perkembangan peraturan PPKM Mikro, dan layanan vaksinasi.
“Alhamdulillah, semua aspirasi masyarakat Kota Kediri dapat tertampung dan terselesaikan dengan baik, meskipun aduan tersebut merupakan kewenangan pemerintah propinsi dan pusat. Sebab, perlu diketahui bahwa layanan aduan SURGA telah terintegrasi satu arah dengan aplikasi LAPOR dan proses pengajuan juga terintegrasi dua arah,” tutup Apip. (ydk/jek)