Surabaya (Jatimsmart.id) – Selama masa posko angkutan lebaran 2023 yang mulai tanggal 14 April sampai 2 Mei 2023, PT KAI Daop 8 Surabaya telah melayani ratusan ribu pelanggan KA, baik yang berangkat ataupun yang datang dengan selamat, nyaman, aman, dan sehat. Tentunya hal ini tidak lepas dari bantuan dari berbagai pihak yang turut mendukung KAI Daop 8 dalam melayani pelanggan di masa angkutan Lebaran tersebut.
Berbagai upaya telah dilakukan oleh KAI Daop 8 Surabaya bersama stakeholder terkait dalam memberikan kemudahan bagi pelanggan pada Masa Angkutan Lebaran 2023. Seperti halnya penjagaan keamanan dari TNI/Polri, relawan petugas pokso dari Satgas Pramuka dan komunitas KA yang turut terjun membantu pelayanan di stasiun, kereta atau seluruh jalur KA.
Manager Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa seluruh kelancaran pelanggan di wilayah KAI Daop 8 Surabaya ini tidak lepas dari peran berbagai pihak yang telah mendukung, terutama pada puncak arus mudik dan arus balik, serta kesetiaan menjalani posko pada saat Hari Raya Idul Fitri 1444 H.
“Terima kasih khususnya kepada Forkompinda wilayah Daop 8, TNI/Polri, Pramuka, serta Komunitas pencita KA, yang telah mendukung angkutan lebaran 2023 di wilayah Daop 8 Surabaya,” ucapnya, Rabu (3/5/2023)
Menurutnya, bentuk dukungan inilah yang menjadikan masyarakat memilih menggunakan jasa transportasi KA sebagai moda transportasi disaat bepergian. Mulai dari keamanan pelanggan baik di stasiun maupun diatas KA, penyampaian informasi jadwal KA, fasilitas dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula beberapa keunggulan lainnya, seperti ketepatan waktu, kenyamanan, keamanan, bebas macet, dan utamanya mengurangi tingkat kecelakaan pada transportasi darat lainnya.
Selama masa posko angkutan lebaran 2023, KAI Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 394.479 pelanggan keberangkatan. Jika dibanding tahun 2022, meningkat 41% atau 115.345 pelanggan dibanding tahun 2022 yang tercatat sebanyak 279.134 pelanggan. Adapun 3 stasiun keberangkatan tertinggi yakni Stasiun Surabaya Gubeng dengan 126.495 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 109.204 pelanggan, dan Stasiun Malang 65.759 pelanggan.
Sedangkan jumlah pelanggan yang datang di wilayah Daop 8 sebanyak 406.132 pelanggan. Jumlah ini juga mengalami peningkatan sebesar 45% atau sebanyak 126.287 pelanggan, yang pada tahun 2022 tercatat sebanyak 279.845 pelanggan. Untuk 3 stasiun pemberhentian favorit yakni Stasiun Surabaya Gubeng dengan 127.596 pelanggan, Stasiun Surabaya Pasarturi 111.961 pelanggan, dan Stasiun Malang 70.334 pelanggan. Setiap harinya, memberangkatkan 49 perjalanan KA jarak jauh dengan kapasitas 28.864 tempat duduk.
“Terima kasih kepada pihak yang telah mendukung KAI Daop 8 Surabaya, sehingga kelancaran masa arus mudik dan balik dapat berjalan lancar, dan mengantarkan para pelanggan hingga tempat tujuan dengan selamat, nyaman, aman, dan tepat waktu,” pungkasnya. (red/kjt)