Kediri (Jatimsmart.id) – Program kampanye belanja produk lokal yang diinisiasi Wali Kota Kediri bersama KPP Bea Cukai Kediri, PUSAKA Shopping Week 2021, terbukti sukses meningkatkan penjualan produk-produk UMKM Kota Kediri. Berlangsung selama 25 hari (29 November – 23 Desember 2021), program itu mempromosikan tak kurang dari 200 produk-produk UMKM yang ditampilkan secara bergantian melalui media cetak, akun media sosial dan website. Sebagai informasi, PUSAKA sendiri merupakan akronim dari Produk UMKM Asli dari Kota Kediri, sebuah upaya _branding_ untuk merepresentasikan produk UMKM Kota Kediri yang unggul dan berdaya saing.
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menjelaskan bahwa program PUSAKA Shopping Week 2021 mengusung dua misi. “Pertama, mengedukasi masyarakat untuk memberantas rokok ilegal. Kedua, program ini dimaksudkan agar masyarakat semakin aware bahwa produk-produk UMKM Kota Kediri itu keren dan berkualitas sehingga kemudian terdorong untuk membelinya,” jelas Walikota, pada Jumat (24/12).
Abdullah Abu Bakar menambahkan, PUSAKA Shopping Week 2021 didesain sedemikian rupa agar memberikan dampak yang dapat dirasakan peserta program, tidak hanya ditayangkan begitu saja di media daring dan luring. “Makanya kami juga lakukan optimasi melalui Instagram Ads yang mengarahkan calon konsumen ke laman website dan media sosial,” imbuhnya.
Sebelumnya, Pemkot Kediri juga memberikan fasilitasi foto produk bagi pelaku UMKM yang mendaftar program PUSAKA Shopping Week. Foto-foto tersebut kemudian dipergunakan sebagai materi untuk ditampilkan melalui berbagai media. Dengan tampilan visual yang bagus, diharapkan dapat menarik perhatian konsumen potensial untuk membelinya. “Kami gandeng komunitas fotografi untuk melakukan ‘razia foto produk’. Mereka dibagi dalam beberapa tim yang berkunjung secara door-to-door untuk mengambil foto produk di rumah para pelaku UMKM,” demikian disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Tanto Wijohari selaku pelaksana program, dalam kesempatan terpisah.
Sementara itu, para pelaku UMKM mengakui manfaat program PUSAKA Shopping Week 2021. Salah satunya adalah Debby Kartika Fitri, pelaku usaha dari Sukorame yang memproduksi Sambal Mbah Syam. “Saya sangat terbantu dengan adanya PUSAKA Shopping Week yang mempromosikan produk sambal saya. Banyak yang berkunjung ke akun Instagram, lalu ada yang follow juga. Banyak konsumen baru yang chat dan order produk Mbah Syam,” terang Debby.
Kemudian ada Ketut Ika Putri Natalia, warga Kelurahan Pojok yang merintis kuliner khas Bali dengan brand Satelit Ayam Wilis. Program PUSAKA Shopping Week 2021 membantunya menjangkau konsumen potensial dalam lingkup yang lebih luas. “Sejak ikut program PUSAKA, follower di akun Instagram Satelit Ayam Wilis mulai naik. Juga banyak order dari luar kota. Mereka tidak menyangka ada yang jualan kuliner khas Bali halal di wilayah Kediri,” urai Ika penuh semangat.
Meskipun program PUSAKA Shopping Week 2021 secara resmi telah berakhir, namun masyarakat tetap dapat mencermati produk-produk UMKM lokal melalui akun instagram @pusakaumkm.id dan website https://pusakaumkm.id/. Pada kedua platform tersebut tercantum alamat lengkap dan nomor kontak yang dapat dihubungi sehingga memudahkan konsumen yang ingin membeli produk. (*)