Kediri (Jatimsmart.id) – Seiring berkembangnya zaman, berbelanja bukan lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup primer saja namun juga kebutuhan hidup lainnya dan bahkan menjadi sebuah kebiasaan baru dalam menjalani hidup. Tentunya kebiasaan berbelanja ini tidak memandang usia, dari yang muda sampai yang tua semuanya memiliki kebiasaan berbelanja, namun, apakah kebiasaan berbelanja generasi tua dan muda ini sama ?
Seperti yang kita tau bahwa kebiasaan berbelanja secara berlebihan terkadang di sematkan untuk kaum anak muda yang sering termakan diskon, tapi nyatanya, setiap orang memiliki kebiasaan berbelanja masing-masing. Nah, penasaran bukan bagaimana kebiasaan berbelanja dari setiap generasi ? Yuk simak ulasannya berikut ini;
BACA JUGA:
- 3 Cara Jitu Berbelanja Pintar
- Ini Dia, Rekomendasi Tempat Belanja Thrift di Jawa Timur
- 51,74 Persen Belanja Perangkat Daerah untuk Pendidikan
- Generasi Baby Boomers (1946-1964)
Generasi ini cenderung membeli tanpa melihat harga. Yap, mereka memiliki finansial yang cukup baik sehingga membuatnya membeli barang yang ia butuhkan maupun yang ia sukai tanpa berpikir panjang. Generasi baby boomers juga jarang sekali berlama-lama di dalam supermarket, mereka juga nyaman dengan berbelanja secara online. BAgi generasi ini, hal terpenting ialah kenyamanan dari pelayanan toko. - Generasi X (1965-1980)
Generasi ini mengedepankan kredibilitas sebuah produk ketimbang promo-promo yang diberikan. Mereka lebih percaya produk yang telah membuktikan bahwa klaim produk mereka benar adanya atau memiliki reputasi yang baik di mata generasi anak tengah ini. Oleh karena itu, mereka lebih senang untuk meriset secara keseluruhan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. - Generasi Millenial (1981-1997)
Sudah bisa di pastikan pada generasi millenial kegiatan berbelanja sering dilakukan secara online. Mereka juga menganggap bahwa berbelanja online merupakan suatu kesenangan. Generasi ini juga lebih senang untuk berbelanja bersama-sama dengan teman atau keluarga untuk mendapatkan saran dari mereka. Tak hanya itu, uniknya, generasi ini menjadikan kegiatan belanja untuk membuat konten media sosialnya. - Generasi Z (1998-2010)
Generasi ini memiliki fasilitas kecanggihan dunia digital yang lebih dibandingkan generasi Millenial. Hal tersebut membuat generasi Z lebih mudah berselancar di dunia maya untuk membandingkan harga mencari review produk dan lain sebagainya sebelum memutuskan membeli barang. Mereka lebih selektif untuk memilih barang dan biasanya hanya membeli barang saat sedang sale.
BACA JUGA:
- Rayakan Hari Ibu, Kado Apa Yang Cocok ?
- Eksperimen Buat Kuliner Kekinian, Hilangkan Rasa Bosan di Dalam Rumah
- Pakaian Thrift, Gaya Hidup Baru Kaum Milenial
Point penting kebiasaan setiap generasi dalam berbelanja ini tentunya ada pada penggunaan internet. Baik generasi muda maupun generasi tua, semuanya memanfaatkan internet dalam berbelanja, dari mencari review produk, membandingkan harga bahkan membelinya secara online. Tentunya internet mencadi satu aspek tersendiri bagi kemudahaan seluruh generasi untuk berbelanja.
“saya dan ibu beda generasi tapi kami suka belanja online, tapi lebih suka saya sih,” ungkap Faza, pelajar Generasi Millenial, Rabu (23/12). (gis/ydk)