Kediri (Jatimsmart.id) – Untuk memberikan kemudahan masyarakat Kota Kediri dalam mengurus administrasi kependudukan, terlebih dalam mempersiapkan Pilkada pada 27 November mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri melakukan perekaman jemput bola ke 46 kelurahan yang dilaksanakan secara bergilir mulai 23 April hingga menjelang Pilkada.
Kepala Dispendukcapil Kota Kediri, Marsudi Nugroho saat dihubungi melalui telepon mengatakan bahwa perekaman jemput bola telah dilakukan dari tahun lalu.
“Kalau kemarin menjelang Pileg dan Pilpres perekaman kita lakukan di sekolah-sekolah, nah sekarang perekaman kita lakukan di kelurahan-kelurahan,”jelasnya.
Marsudi mengatakan saat ini perekaman jemput bola dilaksanakan 2 kali dalam seminggu dan rencananya akan dilakukan 3 atau 4 kali dalam seminggu kedepannya. Penambahan hari ini dilakukan untuk mempercepat perekaman KTP bagi pemilih pemula, dimana dijelaskan oleh Marsudi bahwa persyaratan Pilkada nanti, pemilih harus menunjukkan KTP.
“Dengan menambahkan hari perekaman, kami berharap pada bulan Agustus atau September perekaman jemput bola sudah selesai sehingga 2 bulan sebelum Pilkada seluruh pemilih pemula di Kota Kediri sudah memiliki KTP dan bisa ikut serta menyumbangkan hak pilihnya pada 27 November,” ungkapnya.
Tak hanya dapat melakukan perekaman KTP-el, Marsudi menjelaskan bahwa pada perekaman jemput bola ini masyarakat juga bisa melakukan pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA), akte kelahiran dan Identitas Kependudukan Digital (IKD).
“Monggo masyarakat yang belum memiliki KTP-el, KIA, akte kelahiran ataupun IKD bisa datang ke kelurahan yang dijadwalkan. Tidak harus di kelurahan domisili, masyarakat Kota Kediri bisa datang di semua layanan perekaman jemput bola di kelurahan manapun,” jelasnya.
Terakhir Marsudi berpesan agar masyarakat yang administrasi kependudukannya belum lengkap untuk segera mengurus, bisa di perekeman jemput bola atau langsung ke Kantor Dispendukcapil Kota Kediri.
“Administrasi kependudukan itu sangat penting, jadi saya berpesan pada masyarakat Kota Kediri agar melengkapi administrasi kependudukannya. Supaya jika sewaktu-waktu diperlukan adminduk ini sudah siap. Monggo panjengan bisa manfaatkan program perekaman jemput bola di kelurahan ini,” pesannya untuk masyarakat.
Sementara itu, Endang salah satu warga Kelurahan Manisrenggo mengaku terbantu dengan adanya pelayanan jemput bola ini.
“Alhamdulillah Dispendukcapil bisa langsung datang ke kelurahan. Kalau harus mengurus ke kantor Dispendukcapil sedikit terkendala waktu,”jelasnya.
Endang berharap layanan jemput bola dari Dispendukcapil bisa terus dilakukan. “Tentu warga pengennya Dispendukcapil bisa lebih sering lagi memberikan pelayanan di kelurahan. Semoga kedepannya, tidak hanya pembuatan KTP, KIA, akte kelahiran dan IKD saja yang dilayani tapi juga administrasi kependudukan lainnya,”ungkapnya. (*)