Madiun (Jatimsmart.id) – Masa angkutan Lebaran 2022 yang ditetapkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai 22 April hingga 13 Mei 2022 selesai. Selama 22 hari itu Daop 7 Madiun telah melayani 268.285 penumpang.
“Alhamdulillah masa angkutan Lebaran 2022 telah selesai. Selama 22 hari masa angkutan Lebaran, secara keseluruhan telah berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan sehat,” kata Manager Humas Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko.
Selama periode angkutan Lebaran 2022, PT KAI Daop 7 Madiun sukses melayani sebanyak 268.285 penumpang. Adapun rinciannya adalah 127.790 pelanggan KA yang naik dan 140.495 pelanggan KA yang turun, dengan mengangkut rata-rata 12.194 penumpang perharinya.
“Khusus untuk Stasiun Madiun selama periode tersebut, sudah melayani 45.874 pelanggan KA yang naik dan 49.989 pelanggan KA yang turun,“ tambah Ixfan.
Ixfan mengatakan bahwa puncak arus mudik angkutan Lebaran 2022 terjadi pada Sabtu (30/4/2022) atau H-2 Lebaran dimana pelanggan KA yang berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 4.324 orang.
Sementara puncak arus balik angkutan Lebaran 2022 terjadi pada Rabu (4/5/2022) atau H2+1 Lebaran dimana pelanggan KA yang berangkat dari wilayah Daop 7 Madiun sebanyak 9.938 orang.
Dari data itu, rute yang menjadi favorit masyarakat di wilayah Daop 7 Madiun adalah relasi Madiun – Pasar Senen, Madiun – Surabaya Gubeng, Madiun – Lempuyangan, dan adiun – Yogyakarta.
Adapun jumlah penumpang yang membatalkan tiket periode tanggal 22 April – 13 Mei 2022 di 7 stasiun Daop 7 Madiun sebanyak 741 orang dengan rincian Stasiun Madiun 288 orang, Nganjuk 0, Kertosono 80 orang, Jombang 147 orang, Kediri 125 orang, Tulungagung 1 orang, dan Blitar 100 orang.
Sementara itu, selama angkutan Lebaran 2022 Daop 7 mencatat ada 5 kejadian keamanan dan ketertiban (kamtib) di jalur KA Wilayah Daop 7. Pelanggaran tertinggi yakni terdapat tiga kejadian kendaraan menemper kereta api. Kemudian satu kejadian orang menemper KA, dan satu kejadian palang pintu JPL yang ditabrak.
Ixfan mengatakan, keberhasilan dalam melayani pelanggan di masa angkutan Lebaran 2022 ini tak lepas dari peran seluruh insan KAI dan kolaborasi dengan seluruh pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan yang mengutamakan pelayanan dan keselamatan.
“Terima kasih juga kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama masa angkutan Lebaran 2022 dan telah mematuhi protokol kesehatan. KAI akan menjaga kepercayaan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan kedepannya,” tutup Ixfan. (ydk/jek)