Jakarta (Jatimsmart.id) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dan Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto meresmikan puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2023. Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan bola voli oleh Menpora Dito dan Menhan Prabowo. 

Acara puncak peringatan Haornas 2023 digelar di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Sabtu (9/9). Menhan Prabowo hadir mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan datang karena bertepatan adanya tugas kenegaraan. 

“Saya mendapatkan kehormatan malam ini diberi tugas oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk mewakili beliau di acara Haornas 2023,” kata Menhan Prabowo mengawali sambutannya.

Menhan Prabowo menyampaikan bahwa olahraga berkaitan erat dengan pertahanan. Menurutnya, dalam jiwa sehat terdapat tubuh yang sehat. Begitu juga sebaliknya. 

“Kalau pemuda suatu bangsa kuat fisik dan jiwanya, maka bangsa itu punya semangat untuk pemenang dan makmur. Tak ada bangsa yang berhasil tanpa bangsa yang kuat. Oleh karenanya semua stakeholder punya peran yang sangat penting. Pertahanan suatu negara tercermin oleh prestasi pemudanya,” ujarnya. 

Pria yang menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Ketum PB IPSI) bilang berharap peringatan Haornas tahun ini jadi momentum untuk terus membangkitkan olahraga di Tanah Air. 

“Saya ucapkan Selamat Hari Olahraga Nasional Tahun 2023. Semoga peringatan ini bisa membangun olahraga Indonesia. Bangsa pemenang adalah bangsa yang tak kenal menyerah. Bangsa yang terus berlatih untuk mencapai keberhasilan,” terang Menhan Prabowo. 

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Dito menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo mengenai ekosistem besar olahraga harus dikembangkan dan diperkuat. Presiden mengarahkan agar sport science perlu dibuat di perguruan tinggi dengan berbagai program studi seperti manajemen olahraga, kesehatan olahraga, arsitektur fasilitas olahraga, industri kreatif olahraga harus dikembangkan sesegera mungkin. 

“Dengan demikian, ekosistem pendidikan dapat berkontribusi terhadap dunia olahraga untuk mencetak atlet olahraga, wirausahawan olahraga, pakar olahraga, manajer club olahraga hingga para tenaga profesional lainnya,” tutur Menpora Dito. 

Menpora Dito juga memberikan hadiah yang berhasil menjawab kuis mengenai cabor unggulan Desain Besar Olahraga Nasional. Kuis itu berhadian papan catur. 

“Kenapa hadiahnya papan catur? Karena pertama Presiden dan Kabinet Indonesia Maju terbukti meningkatkan internasional trust bangsa kita di peta percaturan dunia. Kedua, masyarakat Indonesia sedang memasukin dinamika percaturan politik nasional dan puncaknya di hari valentine. Maka, jadilah pemilih yang penuh cinta dan romantis,” terang Menpora Dito. 

“Ketiga, daripada berantem sama tetangga, sama keluarga, sama teman kantor gara-gara  pemilu, gara-gara copras-capres. Walaupun punya pilihan beda-beda, saya harap di 2024 kita ojo kesusu, tetep hidup guyub. Daripada saling caci yang malah  nambah polusi budaya, mendingan bermain catur beneran di pos ronda,” tambah Menpora Dito.

Dalam kesempatan ini, Menpora Dito memberikan penghargaan kepada atlet berprestasi, purna olahrawagan, pelatih/instruktur, wasit/juri, dan penggerak olahraga yakni sejumlah selebritis, serta sejumlah kepala daerah. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here