31.9 C
Kediri
Jumat, Maret 29, 2024

Gubernur Jatim Gelar Syawalan Bersama Warga LDII

Saran Bacaan

Surabaya (Jatimsmart.id) – Masih dalam suasana Bulan Syawal, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, terus memperkuat silaturahim dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk bersama pengurus dan anggota Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Timur di Aula Ponpes Sabilurrosyidin Annur Surabaya, Kamis (18/5).

Forum yang mengusung tema “Membangun Silaturrahim, Menguatkan Ukhuwah Meneguhkan Tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia” ini semakin istimewa karena tidak hanya dihadiri warga LDII, melainkan juga undangan dari perwakilan berbagai ormas dan lintas umat beragama.

Gubernur Khofifah menyampaikan, proses silahturahmi yang terus terjalin dan terbangun secara intintensif seperti ini akan meminimalisir perbedaan pendapat yang berdampak padanprasangka buruk (suudzon). Perbedaan pendapat merupakan sebuah keniscayaan. Perbedaan pendapat merupakan rahmat. Dalam sebuah sistem demokrasi beda pendapat merupakan hal yang lumrah. Tetapi harus tetap dalam kerangka menjaga persatuan dan persaudaraan.

Gubernur perempuan pertama Jatim tersebut menyampaikan, hal ini menjadi proses penting bagi sebuah negara besar dengan heterogenitas yang luar biasa.  Disisi lain, Khofifah menambahkan salah satu Pekerjaan Rumah (PR) bangsa Indonesia yakni menjaga dan memperkuat  persatuan.

“Nomor satu persatuan, nomor dua persatuan dan nomor tiga juga  persatuan. Kalau bersatu meski dalam perbedaan pendapat akan menjadi bagian yang dapat difahami (tafahum)  dan tetap salibg menghormati dan menghargai  sehingga  akan terbangun ketentraman, ketenangan dan keamanan,” jelasnya.

Hal tersebut dibuktikan Gubernur Khofifah, mana kala data indeks kerukunan umat beragama di Jawa Timur pada tahun 2021 mencapai skor 77,8. Dimana proses penilaian ini dilakukan, setiap 4 tahun sekali.

“Terakhir 2021 kerukunan umat beragama intern dan antar umat beragama di Jawa Timur memiliki skor 77,8 ini tertinggi antara provinsi di pulau Jawa dan lebih tinggi dari skor nasional.  Nilai ini menunjukkan bahwa masyarakat Jawa Timur memiliki tingkat  kerukunan tertinggi  di antara provinsi lain di pulau Jawa dan nilai ini sekaligus  diatas nasional,” jelasnya.

Dikatakan Gubernur Khofifah , hal ini merupakan social capital (modal sosial) yang luar biasa untuk membangun persatuan dan kesatuan antar masyarakat.

“Artinya seluruh elemen strategis memberi penghormatan atas ikhitiar ini. Jadi perbedaan  pendapat diantara kita  InsyaAllah akan menjadi rahmat dan kebaikan bersama,” imbuh Gubernur Khofifah.

Mantan Menteri Sosial RI tersebut juga berharap, hal ini menjadi modal bagi masyarakat untuk semakin mempererat tali silahturahim karena proses yang dilakukan terus terjalin.

“Sambung rasa dan  sambung doa karena  kita ini semua bersaudara,” imbuhnya.

Bekal dari proses silahturahmi ini, menurut Gubernur Khofifah juga sejalan dengan proses politik yang ada. Dimana dikatakan Khofifah yakni tugas para pemimpin adalah menjaga seluruh agama yg dianut warga bangsanya berjalan aman dan terlindungi.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah mengajak pimpinan  LDII untuk menguatkan  dakwah bil maal. Menurutnya hal ini perlu dikuatkan untuk bersama sama kita lakukan percepatan perwujudan  kesejahteraan masyarakat. 

Di akhir, gubernur Khofifah menyampaikan terimakasih atas semua kontribusi LDII Jawa Timur dalam bidang ekonomi, pendidikan maupun sosial keagamaan. (red/kjt)

- Advertisement -spot_img

More articles

6 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru