25.6 C
Kediri
Rabu, Februari 14, 2024

Gelar Pembinaan Kesehatan Bagi CJH Kota Blitar

Saran Bacaan

Blitar (Jatimsmart.id) – UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo Kota Blitar menggelar Pembinaan kesehatan bagi puluhan Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini. Kegiatan berlangsung di Puskesmas setempat Senin, (13/03/2023). 

Kepala Puskesmas Sukorejo, Wisma Yuniar menjelaskan, pembinaan kesehatan ini untuk memastikan kondisi kesehatan CJH siap dan prima saat berangkat ibadah nanti. Bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Blitar, ada sekitar 30 CJH asal Kecamatan Sukorejo mengikuti pembinaan ini. Dalam kegiatan ini Wisma meminta agar seluruh CJH menyiapkan kebutuhan kesehatan masing-masing seperti obat, vitamin serta perlengkapan protokol kesehatan dan kebutuhan lainnya. Mengingat, setiap data kesehatan CJH wajib di upload dalam aplikasi Siskohatkes sebelum pemberangkatan. 

Nantinya, seluruh CJH juga wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan di RSUD Mardi Waluyo pada 18 Maret mendatang. Pemeriksaannya meliputi tes laboratorium, foto rontgen dan torax. Sedangkan pada 20-23 Maret, CJH juga wajib mengikuti pemeriksaan skrining HIV, TBC dan Hepatitis di puskesmas. Selain itu, Wisma menyebut CJH yang akan berangkat haji juga wajib melengkapi vaksin minimal booster pertama. 

“Kita tadi kerja sama yang jelas dengan Kemenag, Dinkes untuk pembinaan kesehatan dan lainnya, nanti tgl 18 tes di Mardi Waluyo kalau 20-23 di Puskesmas” tandasnya.

Meski belum pasti kapan keberangkatan haji akan berlangsung, namun Puskesmas Sukorejo rutin melakukan pemeriksaan kesehatan CJH 3 bulan sebelum keberangkatan. (red/kot)

- Advertisement -spot_img

More articles

4 KOMENTAR

  1. Hmm it seems like your blog ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum it up what
    I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I too am an aspiring blog writer but I’m still new to everything.
    Do you have any suggestions for rookie blog writers? I’d certainly appreciate
    it.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru