wayang
Polisi di Kediri Kenalkan Tokoh-tokoh Pahlawan Nasional Lewat Wayang.

Kediri (Jatimsmart.id) – Polisi di Kediri mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan nasional kepada puluhan siswa taman kanak-kanak di Kediri lewat wayang. Adalah AKP Bowo Wicaksono, seorang perwira polisi yang melakonkan wayang-wayang tersebut.

Ada tokoh seperti IR Soekarno, Sultan Hassanudin, RA Kartini Hingga Tuanku Imam Bonjol yang dibuat sendiri oleh AKP Bowo Wicaksono.

Pertunjukan wayang ini digelar di TK Dharma Wanita, Desa Darungan, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri sebagai bentuk kepeduliannya terhadap dunia pendidikan. Siswa tampak dengan seksama mengikuti alur cerita yang dibacakan sang dalang.

Dimulai dengan tokoh anak-anak sekolah nakal yang bertemu dengan seorang polisi dan diajak untuk mengenal para pahlawan.

AKP Bowo Wicaksono mengatakan, dirinya sengaja membuat wayang dengan tokoh pahlawan untuk memperingati hari pahlawan. Selain itu tujuannya agar generasi penerus bangsa dapat terus mengenal perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan.

Terlebih saat ini lebih banyak anak-anak justru mengenal tokoh pahlawan fiksi dan kartun ketimbang pahlawan nasional.

“Anak-anak saat ini lebih mengenal tokoh pahlawan fiksi dan kartun ketimbang pahlawan nasional, diharapkan melalui wayang ini, anak-anak dapat mengenal pahlawan nasional,” kata AKP Bowo.

Selain itu, dengan adanya pagelaran ini diharapkan anak-anak dapat meneladani sikap dari para pahlawan tentang pengorbanan dalam merebut kemerdekaan.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya, sehingga dengan wayang ini anak-anak diberi pemahaman tentang pengirbanan para pahlawan,” imbuh Bowo.

Sementara itu, Haris salah satu siswa TK Dharma Wanita mengaku baru mengenal tokoh-tokoh pahlawan dari wayang ini, dirinya juga senang dengan adanya hiburan wayang di sekolahnya.

“Tadi tahu ada pahlawan bernama Soekarno, dan senang melihat wayang,” jelas Haris. (Jek/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here