Tulungagung (Jatimsmart.id) – Kabupaten Tulungagung berhasil mendapat predikat Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan. Predikat inipun dideklarasikan langsung oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo usai tim verifikasi ODF Jawa Timur mengumumkan Tulungagung menjadi Kabupaten ODF Tahun 2022 dalam pleno hasil verifikasi lapangan di Hall Crown Victoria Hotel.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, dalam sambutannya menjelaskan predikat ODF ini tercapai atas kerja keras seluruh komponen masyarakat dan stakeholder terkait dalam membangun akses sanitasi, terutama dalam mengubah perilaku masyarakat dalam membuang air besar sembarangan.

“Sebenarnya ODF ini sudah kita kampanyekan sejak lama. Bahkan ketika saya menjabat sebagai kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), ODF ini sudah kita fokuskan,” ujarnya, Kamis (11/8/2022)

Kendati telah meraih predikat ODF, pria nomor satu dilingkup Pemkab Tulungagung ini mengaku akan tetap berkomitmen untuk perbaikan secara terus menerus untuk mempertahankan demi terwujudnya akses universal.

Diantaranya dengan, mengganggarkan pembiayaan peningkatan jamban dengan memprogramkan dan bantu 1000 sepiteng. Karena pembangunan jamban dinilai sangat penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, utamanya dalam mencegah berbagai macam penyakit.

“Dengan meningkatnya kualitas akses sanitasi terutama shering dan semi permanen, maka akan terwujudnya Kabupaten yang sehat dan tentunya lingkungan bersih akan membuat masyarakat nyaman.” Tandasnya.

Untuk sekedar diketahui, tim verifikasi ODF Jawa Timur melakukan verifikasi ODF secara sampling di 6 Kecamatan di Kabupaten Tulungagung. Dari sampling itu, tidak ditemukan masyarakat membuang air besar sembarangan. (pam/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here