Tulungagung (Jatimsmart.id) – Sebanyak 16 peserta kontingen Kwarcab Tulungagung dilepas untuk mengikuti Jambore Nasional XI, Selasa (9/8/2022). Kontingen terdiri dari dua regu, masing-masing delapan putra dan putri. Mereka Pramuka Penggalang terpilih yang telah melalui seleksi untuk perwakilan siswa-siswi SMP/MTs se-Kabupaten Tulungagung.

Pelepasan kontingen ditandai dengan penyerahan bendera merah putih oleh Bupati Tulungagung kepada Ketua Kontingen. Acara pelepasan yang digelar di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa inipun turut disaksikan orang tua masing-masing peserta jambore.

Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka, Ambyah Syahla mengatakan peserta yang dilepas menjadi wakil Kabupaten Tulungagung ini telah melalui seleksi ketat. Dari 38 calon peserta yang berasal dari 19 perwakilan Kwarting Ranting, terpilih 8 putra dan 8 putri dengan prinsip kwalitas dan pemerataan.

“Setelah ini mereka akan berangkat mengikuti jamboree nasional yang bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta selama 10 hari yaitu 12 – 21 Agustus 2022,” katanya.

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, selaku Ketua Komite Pembimbing Cabang Tulungagung mengatakan Jambore Nasional ke XI Tahun 2022 ini akan diikuti lebih dari 11 ribu pramuka pemnggalang yang berasal dari seluruh pelosok tanah air.

Untuk itu ia berpesan kepada kontingen Tulungagung untuk menjaga sikap, tekun, ramah yang menggambarkan bahwa masyarakat Tulungagung itu ramah, menyenangkan, baik, kompak, peduli dan pantang menyerah. Selain itu, tunjukkan kemampuanmu, keperkasaanmu, dan kekuatanmu yang menggambarkan pramuka Tulungagung itu tangguh dan terbaik.

“Jaga diri dan jaga kesehatan mengingat kondisi pandemi Covid-19 belum mereda,” tambahnya.

Diakhir pesannya, pria nomor satu dilingkup Pemkab Tulungagung ini berharap kontingen Kabupaten Tulungagung mampu kembali meraih prestasi.

“Pramuka kita ini handal ya. Sudah banyak prestasi yang diraih baik ditingkat nasional, di Malaysia maupun di Singapore selalu raih the best. Semoga tahun ini juga kembali berprestasi dengan pembekalan yang sebelumnya dilakukan,” tandasnya. (pam/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here