Blitar (Jatimsmart.id) – Bupati Blitar Rini Syarifah melakukan kunjungan ke Desa Sumberagung dan Desa Panggungrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Kamis 7 Juli 2022. Kunjungan yang dikemas dalam program One Village One Product (OVOP) itu dalam rangka mendukung potensi yang ada di setiap desa di Kabupaten Blitar.

Desa Sumberagung memiliki potensi produk unggulan berupa jenang, jagung instan, nasi tiwul instan, keripik dan kerajinan anyaman bambu. Di sana, bupati yang akrab disapa Mak Rini itu mencobak mengaduk dan mencicipi langsung jenang Jawa. Dia juga menanam pohon Kenitu dan Nangka serta melepas burung perkutut di taman hati Sumberagung.

“Kita dorong masyarakat untuk menggali  potensi lokal dan membaca peluang yang ada untuk memasarkan produk yang dimiliki desa,” katanya.

Sedangkan Desa Panggungrejo memiliki potensi wisata alam air terjun, olahan keripik dan kerajinan tangan.

Di Desa Panggungrejo itu Mak Rini meninjau lokasi wisata air terjun bidadari. Dilanjutkan, meninjau produk khas olahan keripik seperti keripik pisang, gadung dan madu.

“Saya minta bagi produk yang belum

memiliki izin agar segera mengurus perizinan. dengan produk yang telah memiliki izin nantinya dapat dipasarkan secara luas hingga keluar daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Mak Rini menyampaikan, program kegiatan One Village One Product (OVOP) itu bertujuan untuk mendorong geliat sektor pariwisata dan UMKM yang ada di desa-desa di Kabupaten Blitar.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Blitar itu menjelaskan, konsep One Village One Product ini bertujuan untuk menetapkan kekhasan suatu produk yang dimiliki oleh masing-masing desa untuk terus dikembangkan agar dapat memberikan nilai tambah pada produk tersebut.

“Produk tersebut nantinya diharapkan akan dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional sehingga dapat memberikan kontribusi pada pendapatan daerah Kabupaten Blitar,” tutupnya. (tok/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here