Kediri (Jatimsmart.id) – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito mengajak masyarakat mengurangi sampah plastik. Tips yang bisa dilakukan, menurut Mbak Cicha yakni dengan merubah pola penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita bisa merubah dari hal-hal kecil dimulai dari rumah tangga kita. Untuk mengurangi sampah plastik, kalau pergi-pergi daripada beli air mineral mending membawa minum sendiri dari rumah, bawa sendok sendiri di dalam tas,” kata Mbak Cicha dalam acara penyerahan penghargaan lomba kreasi daur ulang sampah di Taman Totok Kerot, Kamis (9/6/2022).

Lomba kreasi daur ulang sampah yang diadakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri itu merupakan bagian dari perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022. Mbak Cicha mengapresiasi ibu-ibu PKK yang mampu mendaur ulang sampah menjadi berbagai kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

“Dengan kegiatan seperti ini (daur ulang sampah) mari kita berupaya mengurangi sampah plastik sesuai program 3R, reuse, reduce, dan recycle,” ungkapnya.

Sampah plastik diakui bisa menjadi ancaman bila tidak dikelola dengan baik. Hal itu, lantaran sampah plastik sulit diurai tanah. Untuk itu, Mbak Cicha menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Kediri untuk tidak membuang sampah sembarang tempat. (Ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here