Tulungagung (Jatimsmart.id) – Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo melakukan sidak ke Pasar Grosir Ngemplak. Sidak ini dilakukan untuk memantau harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar tersebut. Didampingi dengan Forkopimda, Maryoto melakukan dialog dengan para pedagang.

Beberapa komoditas diketahui mengalami kenaikan harga dalam sidak ini. Namun tidak sedikit jenis komoditas yang harganya cenderung turun. Secara keseluruhan harga kebutuhan bahan pokok di wilayah Tulungagung masih stabil.

Maryoto mengatakan, beberapa komoditas yang harganya mengalami kenaikan diantaranya adalah daging sapi. Kenaikan harganya tidak terlalu signifikan. Selain itu minyak goreng kemasan harganya juga cukup tinggi. Sedangkan beberapa komoditas sayuran seperti cabai dan bawang relatif menurun.

Komoditi lain seperti ayam dan telur juga mengalami penurunan harga. Namun diprediksi akan naik lagi beberapa hari menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri.

“Secara umum harga bahan pokok di Tulungagung masih stabil, kita akan pantau terus setiap hari,” kata Bupati Tulungagung, Senin (18/4/2022).

Sidak ini digelar untuk memantau harga serta stok ketersediaan bahan pokok. Maryoto menegaskan, stok ketersediaan masih aman hingga perayaan lebaran nanti. Masyarakat diimbau untuk tidak resah serta panik, karena stok masih sangat cukup.

“Kalau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk keperluan lebaran ini masih sangat cukup, untuk itu kita meminta masyarakat tidak panik,” tuturnya.

Selain itu Pemkab juga akan terus memantau perubahan harga bahan pokok makan di pasar tersebut. Jika harga naik diatas rata-rata, mereka akan melakukan intervensi dengan menggelar pasar murah. Hal ini dilakukan guna menekan kenaikan harga bahan pokok di pasaran.

“Akan tetapi sebelumnya kita pantau terus, jika memang terjadi kenaikan harga dan sudah melampaui batas baru kita gelar operasi pasar,” pungkasnya. (pam/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here