Kediri (Jatimsmart.id) – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat mau tidak mau harus  menghadapi kemajuan di era digital ini, namun, apakah kemajuan ini berimbang dengan kesiapan masyarakat dalam menggunakan teknologi ?

Perkembangan penggunaan teknologi, informasi, dan komunikasi dunia digital telah memberikan berbagai dampak dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat dituntut bijak dalam menggunakan teknologi. Oleh karena itu, literasi digital menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan. Literasi digital akan menciptakan sebuah tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis-kreatif, sehingga tidak mudah termakan berita bohong atau hoax.

Lalu, bagaimana cara membangun literasi digital ? yuk simak ulasannya berikut ini

  1. Membuat Konten Positif 
    Hal mudah yang dapat kita lakukan dari diri sendiri untuk sama-sama saling belajar adalah membuat konten positif. Konten positif seperti apa ? Kamu bisa membuat video, podcast bahkan sekedar mengunggah foto dengan energi positif mengenai topik-topik masyarakat di era digital, seperti; hoax, cyberbullying, hacker data dan lain sebagainya.
  2. Bersikap Lebih Kritis
    Mulai saat ini kita harus selalu mempertanyakan seluruh informasi yang kita terima. Tak hanya itu, kita juga harus mengeceknya dari berbagai sumber terpercaya agar tidak termakan hoax.
  3. Memahami Fenomena Digital
    Dalam dunia teknologi informasi tentunya selalu banyak hal yang terjadi, mulai dari sisi posiif hingga negatif. Oleh karena itu, masyarakat harus lebih berhati-hati dalam penggunaan media informasi. Mempelajari lebih lanjut adalah kunci dari pemahaman atas apa yang sedang terjadi dan berjalan di era digital ini.

Membangun literasi digital merupakan hal yang tidak rumit, namun juga tidak mudah loh! Mengapa demikian ? Kunci dari literasi digital adalah membuka mata dan pikiran akan fenomena yang sedang terjadi disekkitar kita. Tak hanya itu, kita juga harus memahami dan menyikapi dengan bijak atas apa yang sedang berjalan dalam kehidupan ini, terlebih di perubahan zaman dan pesatnya teknologi saat ini. (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here