Kediri (Jatimsmart.id) – Mendengarkan musik memang menjadi suatu kesenangan tersendiri bukan ? Terutama untuk mengekspresikan isi hati ataupun hanya sekedar mengisi waktu luang. Menariknya, mendengarkan musik ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Siapa yang menyangka bahwa musik-musik yang kita dengarkan dalam sehari-hari ini dapat memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang yang berdampak pada kesehatan. Bagaimana penjelasannya? Yuk simak!

BACA JUGA:

  1. Mengatasi Insomnia
    Mengalami gangguan tidur terutama insomnia memang terasa tidak nyaman. Kondisi tubuh dan pikiranmu tentunya akan terganggu. Musik menjadi solusi yang paling mudah untuk mengembalikan pola istirahmu loh! Menurut penelitian, seseorang yang mendengarkan musik sebelum tidur akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.
  2. Membantu Pemulihan Pasca Operasi
    Rasa gelisah yang muncul sebelum melakukan operasi akan lebih reda jika kamu mendengarkan musik. Hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang untuk menghadapi operasi. Selain itu, mendengarkan musik pasca operasi akan mengurangi rasa nyeri loh!
  3. Pemulihan Stroke
    Musik ternyata dijadikan sebagai salah satu terapi penderita stroke. Disamping minum obat dan banyak berlatih penggerakan, orang yang menderita stroke juga akan terbantu dengan terapi musik untuk melemaskan tubuh.
  4. Menghinadri Stress
    Kalau kondisi yang satu ini tak bisa dipungkiri sangat sering terjadi ya! Menurut penelitian, mendengarkan musik kesukaanmu akan membantu melepaskan stress yang ada pada diri. Dengan mendengarkan musik akan mengurangi pelepasanhormon kortisol dan hormon stres dalam tubuh. Tentu hal ini akan menghindarkan kita dari stress berkepanjangan apalagi sampai depresi.

BACA JUGA:

Wow! Tak disangka musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa musik adalah salah satu alternatif sampingan yang bisa kamu pilih dan bukan pengobatan utama. Jika merasa mengalami sakit yang berkepanjangan, tetap periksakan diri pada dokter. (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here