Kediri (Jatimsmart.id) – Persik Kediri resmi mengumumkan penunjukan Javier Roca sebagai pelatih kepala baru di Liga 1 2021/2022. Pesepakbola asal Chili itu akan menjadi juru taktik Macan Putih sampai akhir musim ini.

Manajer Tim Persik Yahya Hasan Alkatiri mengatakan, ada sejumlah pertimbangan penunjukan Roca sebagai pelatih kepala. Pertama, Roca sangat mengenal karakter pemain Indonesia. Pengalamannya bermain di tanah air selama 10 tahun menjadi modal penting menangani klub Indonesia.

Kedua, Roca sangat menyukai gaya main Persik. Kesamaan visi itulah yang akhirnya membuat Persik dan Roca sepakat menjalin kerja sama.

“Kami mempunyai filosofi yang sama dengan Javier Roca. Itu menjadi pertimbangan kami untuk menunjuk Roca membesut tim ini,” kata Yahya, Kamis 11 November 2021 dalam rilis resmi Persik Kediri.

Yahya berharap, permainan Persik bisa semakin baik dengan hadirnya Roca. Selain itu, Persik tetap bermain dengan ciri khasnya.

“Kami meyakini coach Roca akan membawa tim ini jauh lebih baik mengarungi musim ini,” ungkapnya.

Roca kini memegang lisensi kepelatihan Pro License A yang dikeluarkan federasi sepak bola Chili. Di negara asalnya, pria 44 tahun ini pernah membawa klub Santa Cruz promosi ke Liga 2.

Dia juga penah menjadi trainer bagi calon pelatih yang mengurus lisensi di National Football Institute (INAF) di Chili.

Javier Roca mengaku tertarik dengan penawaran yang diberikan oleh Persik. Sebelumnya dia banyak sekali mendapat tawaran dari klub Liga 2 Indonesia.

“Pertama, saya memilih Persik karena bermain di Liga 1. Pertimbangan lain saya tertarik dengan proyek yang dikembangkan Persik di masa depan. Mereka memiliki manajemen yang diisi orang-orang baru di sepak bola dengan visi-misi yang modern,” ungkapnya.

Hari ini Roca akan memimpin latihan perdananya bersama Persik di Stadion Brawijaya. “Saya suka dengan komposisi pemain Persik. Mereka punya pemain daerah, naturalisasi dan asing yang sangat baik,” ujar Roca.

Roca mengalahkan pesaing lainnya, Wanderlay, Ivan Kolev, Angel Alfredo Fera dan Gomes de Oliviera. Termasuk pelatih lokal, Fahri Husaini yang disebut-sebut dalam isu perburuan pelatih ini. (ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here