Kediri (Jatimsmart.id) – Setiap orang pasti pernah merasakan kegagalan, karena hidup dan kegagalan berjalan beriringan. Merasa sedih karena gagal adalah hal yang lumrah terjadi, namun itu bukan sebuah alasan untuk membuat hidup menjadi lebih terpuruk. Justru kegagalan adalah guru terbaik untuk membuat hidup menjadi lebih baik. Jika kegagalan di sikapi dengan benar dan tepat, maka akan membuat hidup kedepannya lebih tertata dan bahagia. Itulah sebabnya mempelajari tips menyikapi sebuah kegagalan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

Beberapa tips berikut ini bisa diterapkan dalam menyikapi kegagalan,

  • Rangkul Emosi
    Ketika mengalami sebuah kegagalan, perasaan marah, cemas, sedih, malu pasti selalu di rasakan dan hal itu sangatlah wajar. Mencoba mengurangi perasaan buruk setelah mengalami kegagalan sangat tidak disarankan. Banyak peneliti mengatakan bahwa memikirkan emosi lebih baik dibandingkan memikirkan kegagalan itu sendiri. Mengakui perasaan dan membiarkan diri merasa tidak baik-baik saja dalam beberapa saat tidak masalah. Lebih baik mengatakan “saya kecewa” dari pada “saya gagal”.

 

  • Ciptakan Hal-hal Positif
    Kegagalan akan membuat seseorang melakukan hal-hal yang tidak sehat. Mencoba lari dari kenyataan untuk meminimalkan rasa sakit dengan meminum minuman beralkohol atau obat-obatan terlarang justru akan membuat situasi semakin buruk. Cobalah untuk menciptakan hal-hal positif seperti mengembangkan kreatifitas yang dimiliki.

 

  • Pelajari Kesalahan dari Kegagalan
    Ketika melakukan kegagalan, tanyakan pada diri kesalahan apa yang telah dilakukan. Dari kesalahan-kesalahan tersebut coba pelajari agar tidak dilakukan dilain waktu dan akan membuat tujuan kedepannya tercapai.

 

  • Buatlah Rencana untuk Lebih Maju
    Berhenti berpikir bahwa kamu sudah gagal, coba fokus untuk berpikir bahwa kamu bisa dan mampu untuk mencoba lagi. Pelajari semua kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya dan buat rencana yang berbeda di lain waktu.

Kegagalan bukan akhir dari segalanya, maka dari itu kita harus tetap optimis dan semangat menjalani hidup. Jangan biarkan kegagalan menjadi penghambatmu untuk maju. Yakinkan diri bahwa akan selalu ada hari esok yang lebih baik. (yun/gis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here