kediri
Peresmian program centing oleh Dinsos Kab. Kediri/ istimewa

Kediri (Jatimsmart.id) – Dinas Sosial Kabupaten Kediri meresmikan Program Centing atau Cegah Dan Tangani Stunting. Dalam program yang digagas oleh SDM PKH ini akan ada lima gerakan nyata yang dilakukan mulai dari Minum Asi Eksklusif hingga Gerakan Makan Ikan, Buah dan Sayur.

Peresmian Program Centing ini ikuti oleh 236 SDM PKH Kabupaten Kediri secara virtual. Mereka terdiri dari 229 pendamping sosial PKH yang tersebar di seluruh kecamatan se-kabupaten kediri, 3 Koorkab, 4 APD, koordinator PKH Regional Jatim 2, Machbub Alfarabi, Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas P2KB P3A, Widya Iswara Bapak Achmad Buchory dari BBPPKS Regional 3 Yogyakarta.

BACA JUGA:

Program Centing ini di gagas oleh PPKH (Pelaksana Program Keluarga Harapan) Kabupaten Kediri dan mantan SDM PKH. Mereka tergabung dalam Yayasan Keluarga Harapan yang bertujuan untuk menekan angka stunting di Kabupaten Kediri.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Suharsono memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk Program Centing ini dengan harapan dapat mengurangi angka stunting yang saat ini masih di atas 10 ribu kasus di Kabupaten Kediri.

“Program Centing merupakan usaha dimana melalui kegiatan kelompok PKH yang bersinergi dengan berbagai dinas terkait optimis akan dapat berhasil dan dapat menekan stunting di Kabupaten Kediri” tambahnya.

Diambil istilah centing, karena kata “centing” sudah akrab dan tidak asing bagi para keluarga penerima manfaat PKH yang kita dampingi, selain itu sangat erat dengan ibu ibu terutama ibu yang baru melahirkan. Gerakan ini diinovasi dalam pencegahan dan penanganan stunting.

BACA JUGA:

“Program centing ini lahir dari tugas pokok dan fungsi SDM PKH untuk melakukan pencegahan stunting, maka kami berinovasi dengan kegiatan centing, agar tidak hanya pemberian materi saja tetapi juga mengawal mereka untuk tau dan mau untuk membuat janji diri agar mampu memenuhi janji dirinya dalam pencegahan dan penanganan stunting” ujar Totok Agung Pujianto, Korkab PKH.

Dalam program centing yang terdekat adalah mengadakan gerakan GEMASS atau Gerakan Minum Asi Eksklusif Dan Susu Segar pada 9 oktober di Desa Medowo Kandangan. Selain GEMASS nantinya juga ada GEYATRI (Gerakan Budidaya Karang Kitri), Gema Ibu Ayu (Gerakan Makan Ikan Buah Dan Sayur), GESIT (gerakan stimulasi pada anak) dan GEBER (Gerakan Bersih Diri Dan Lingkungan). (Ad/adv/kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here