kehutanan
Peluncuran Aplikasi Alas Beta/ istimewa

Surabaya (Jatimsmart.id) – Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur memberikan kado dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Timur yang akan diperingati tanggal 12 Oktober. Bingkisan istimewa tersebut berupa inovasi pelayanan publik yaitu Aplikasi Alas Beta. Penerapan teknologi informasi berbasis android ini merupakan terobosan untuk mempercepat pelayanan perbenihan tanaman hutan untuk sertifikasi sumber benih, mutu benih dan mutu bibit di Jawa Timur dan wilayah lain di Indonesia.

BACA JUGA:

Aplikasi Alas Beta yang dibesut oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Tanaman Hutan (PTH) Dinas Kehutanan Jatim ini resmi diluncurkan secara virtual dengan kerjasama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ir Jumadi, M.MT mengatakan, terobosan pelayanan publik untuk sertifikasi perbenihan tanaman hutan dari sumber benih, benih dan bibit ini mempercepat akses dan proses sertifikasi.

“Aplikasi Alas Beta ini juga menjadi Kado Hari Jadi Provinsi Jatim, dengan inovasi pelayanan ini, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan sertifikasi perbenihan tanaman hutan dari sumber benih, mutu benih dan mutu bibit dapat dilakukan secara cepat dan mudah, murah serta transparan, sertifikat juga bisa dicetak sendiri” papar Kadishut Jatim.

Dijelaskannya, dalam peresmian inovasi pelayanan ini juga bersama dilakukan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai tindak lanjut kerja sama pengembangan perbenihan tanaman hutan diantara Provinsi Jawa Timur dan Kalimantan Selatan yang ditandatangani oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dengan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Nomor: 120.23/335/KSB/033.4/2019 dan 08/KSB-PEM/2019 tertanggal 2 September 2019.

BACA JUGA:

Dinas Kehutanan masing masing provinsi menindaklanjutinya dengan melakukan penandatanganan bersama pada tanggal 04 Agustus 2021, kerjasama yang diharapkan bisa memberikan kemajuan dalam pembangunan kehutanan terutama untuk rehabilitasi hutan dan lahan bagi kedua provinsi sehingga hutan sebagai sumber hayati utama kehidupan bisa dipertahankan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here