Kediri (jatimsmart.id) – Cemas adalah suatu kondisi yang ditandai dengan rasa tidak nyaman, takut dan gelisah. Munculnya rasa cemas ini menunjukkan respon karena stress. Normalnya, perasaan cemas akan meredah jika pemicu stress hilang. Namun, tak jarang kecemasan ini akan terus bertambah dan mengganggu kualitas hidup terutama konsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Tak hanya itu, mengalami kecemasan yang berkepanjangan akan berpengaruh buruk pada tubuh seseorang. Kondisi tersebut akan membuat insomnia, kehilangan nafsu makan, gangguan pencernaan, sakit kepala dan tegang otot.

Oleh karena itu ada baiknya melakukan beberapa hal berikut ini untuk menghilangkan rasa cemas yang berlebihan;

  1. Ambil Nafas Panjang
    Salah satu cara cepat yang bisa diterapkan dengan sendiri adalah mengambil nafas panjang secara perlahan-lahan. Cara sederhana ini akan membantu tubuh agar relaks, sehingga kecemasan yang dirasakan akan berkurang sedikit demi sedikit.
  2. Bercerita Pada Orang Terpercaya
    Mengalami kecemasan berlebihan dapat membuat seseorang menarik diri dari lingkungan sekitar. Padahal, salah satu cara untuk menghilangkan kecemasan adalah dengan berbicara aataau bercerita kepada orang terdekat yang dipercaya. Ungkapkan apa yang kalian rasakan kepada orang tersebut, hal ini akan melegakan hati dan rasa cemas bisa berkurang perlahan.
  3. Lakukan Aktivitas yang Disukai
    Melakukan aktivitas yang disukai adalah cara ampuh untuk mengalihkan pikiran. Pasalnya dengan melakukan kegiatan tersebut, hati akan merasa senang dan lega.

Selain itu, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga rutin dan mengatur pola tidur dapat membantu seseorang untuk menghilangkan kecemasannya. Walaupun tidak mudah dan tidak cepat hilang, namun cara-cara tersebut dapat sedikit membantu untuk tetap berkonsentrasi saat menjalani kehidupan sehari-hari. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here