Kediri (Jatimsmart.id) – Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar melepas atlet-atlet Kota Kediri untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua, di Ruang Kilisuci Balaikota Kediri, Kamis (23/9). Mereka akan membawa nama Kota Kediri untuk mewakili Jawa Timur di ajang olahraga nasional tersebut.

Dalam sambutannya, Mas Abu berpesan kepada para atlet agar bertanding secara sehat dan sportif. Serta untuk para pelatih agar menanamkan jiwa ksatria terhadap para atletnya. Wali Kota Kediri berharap para atlet ini bisa meraih prestasi terbaiknya pada PON XX/2021 di Papua nanti.

“Karena kalian mewakili Kota Kediri dan Jawa Timur maka jangan buat malu dan bertandinglah secara sehat,” kata Mas Abu.

Lebih lanjut, di tengah pandemi Covid-19, Mas Abu juga menekankan, agar para atlet dan pelatih harus terus mematuhi protokol kesehatan saat bertanding. Untuk menghindari penularan Covid-19.

Sementara itu salah satu atlet Kota Kediri yang akan bertanding Eka Cahaya Ningrum mengatakan, persiapan untuk bertanding di PON XX kali ini tidak jauh beda dengan PON sebelumnya. Seperti melakukan latihan rutin, jaga pola makan, jaga pola tidur agar performa saat bertanding tetap baik. Untuk persiapan khususnya lebih ke karantina mandiri karena saat ini masih pandemi Covid-19 sehingga harus mawas diri dan mengurangi mobilitas.

“Jadi di asrama saja, kalau keluar hanya untuk latihan saja,” imbuhnya. Atlet dari cabang olahraga Atletik ini mengatakan sudah siap untuk bertanding pada PON XX di Papua.

Sementara itu, plus minus mundurnya penyelenggaraan PON selama satu tahun karena adanya pandemi Covid-19 ini juga dirasakannya. Menurutnya ada sisi tidak enak pertandingan ini diundur, selain itu sudah lama tidak bertanding karena terakhir bertanding pada Februari 2020. Sisi tidak enaknya yaitu tidak tahu kondisi lawan dan lainnya saat ini, maka dari itu persiapannya harus jauh lebih baik.

Sementara itu, atlet Kota Kediri yang akan bertanding di PON XX/2021 Papua ada 18 orang dengan 8 cabang olahraga. Ada 1 orang atlet cabor angkat besi, 7 orang atlet cabor atletik, 4 orang atlet cabor bola tangan, 1 orang atlet cabor futsal, 1 orang atlet cabor renang, 1 orang atlet cabor senam artistik, 1 orang atlet cabor sepak bola dan 2 orang atlet cabor taekwondo. Namun yang hadir dalam pelepasan kontingen atlet yang akan mengikuti PON XX/2021 Papua hanya 10 orang atlet dan 2 pelatih, karena 8 orang atlet sudah berangkat ke Papua. Dalam pelepasan kontingen atlet ini juga diberikan uang stimulan secara simbolis kepada 4 orang yang terdiri dari 2 pelatih dan 2 atlet. (ydk/jek)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here