Kediri (Jatimsmart.id) – Penerapan PPKM ber-level di Jawa dan Bali ini membuat beberapa tempat wisata ditutup sementara, termasuk pendakian gunung. Namun kini, beberapa jalur pendakian sudah kembali dibuka. Tentunya pembukaan tersebut bukan tanpa syarat, protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan quota pengunjung ditreapkan, guna meminimalisisr penyebaran Covid-19.

Mendaki gunung memang salah satu kegiatan outdoor yang menyenangkan dan banyak digemari oleh kaum millenial, tapi kamu harus perhatikan hal-hal berikut ini sebelum mulai pendakian, terutama di musim pandemi seperti saat ini.

  1. Sehat
    Pastikan kondisi tubuhmu dalam keaadaan yang sehat dan mampu untuk melakukan perjalanan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan pendakian jika dirasa tubuhmu kurang fit.
  2. Logistik
    Logistik adalah salah satu hal yang harus kamu persiapkan dengan baik. Bawa perlengkapan secukupnya dan pastikan barang-barang yang kamu bawa adalah yang akan kamu butuhkan saat pendakian, seperti, makanan, minuman, baju ganti, sleeping bag, masker, jas hujan dan obat-obatan untuk berjaga-jaga.
  3. Pantau Kondisi Gunung Sebelum Pendakian
    Ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu kondisi gunung sebelum melakukan pendakian, seperti; kondisi medan gunung, perkiraan cuaca dan situasi. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan diri dan mematangkan rencana.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan syarat-syarat pendakian di setiap gunung. Mengingat, setiap pos pendakian gunung memiliki peraturannya masing-masing yang boleh jadi berbeda. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan dan memenuhi persyaratan tersebut sebelum berangkat.

Jadi, sudah ada rencana naik gunung kemana ? (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here