Jakarta (Jatimsmart.id) – Berdsarkan data dari PeduliLindungi, sebanyak 3.830 orang positif Covid-19 terdeteksi masih melakukan aktifitas diluar rumah, terlebih ke sejumlah tempat umum termasuk mal, transportasi umum, hingga restoran. Menteri Kesehatan, Budi Gunandi menjabarkan angka-angka tersebut sebagai berikut,

“Setelah diluncurkan baru sebulan, ada 29 juta yang melakukan check ini dengan PeduliLindungi kita bisa lihat. Surprisingly ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam. Hitam itu artinya positif Covid tapi masih jalan-jalan, masuk mal 3.000 orang, masih juga ke bandara 43 orang, masih naik kereta 63 orang, masih masuk restoran 55 orang” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dikutip dari detikhealth.com.

Pihaknya juga mengungkapkan, hal tersebutlah yang menjadi tujuan aplikasi PeduliLindungi. Selain untuk menjamin bahwa pengunjung sudah melakukan vaksinasi, Pemerintah juga bisa melacak orang-orang yang terdeteksi virus berbahaya ini dan melakukan karantina.

“PeduliLindungi ini juga bisa sebagai fungsi tracing. Begitu mereka check in, kita tahu mereka ada di mana, jam berapa. Kalau positif kita bisa cepat melakukan tracing, siapa saja yang ada di jam itu di lokasi itu,” ujar Menkes, dikutip dari detikhealth.

Maka dari itu, masyarakat dihimbau untuk selalu berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Ada baiknya untuk tetap di rumah saja selagi tidak ada kepentingan yang berarti. (*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here