KPU
KPU catat pemilih yang meninggal selama Agustus 2021/ Dedy

Kediri (Jatimsmart.id) – KPU Kabupaten Kediri mencatat adanya 1.268 pemilih meninggal dunia selama Agustus 2021, dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih yang dilaksanakan rutin setiap bulannya. Tingginya angka kematian ini, mempengaruhi menurunnya jumlah pemilih di Kabupaten Kediri.

Eka Wisnu Wardhana, Komisioner KPU Kabupaten Kediri Divisi Perencanaan, Data dan Informasi mengatakan, jumlah pemilih itu menurun dari 1.246.188 pemilih di bulan Juli menjadi 1.245.245 di bulan Agustus.

Lebih rinci, pada proses Pemutakhiran DPB bulan Agustus ini, Eka Wisnu menyebut terdapat pemilih TMS (Tidak Memenuhi Syarat) sebanyak 2.019 yang tersebar di 26 kecamatan. Selain meninggal, 751 pemilih lainnya karena pindah domisili.

Sementara itu, terdapat pemilih baru sejumlah 1.076 pemilih di bulan Agustus yang terdiri dari beberapa komposisi. Ada pemilih pemula 303, pindah masuk atau datang 765, dan 8 purnawirawan TNI.

“Berarti ada penurunan jumlah pemilih sebanyak 943 Pemilih di 26 Kecamatan se – Kabupaten Kediri,” kata Eka Wisnu Wardhana, Komisioner KPU Kabupaten Kediri
Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Rabu (1/9). Sehingga jumlah Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran Berkelanjutan di Bulan Agustus adalah 1.245.245 pemilih.

Tingginya angka kematian yang mempengaruhi Hasil DPB ini, lanjut Wisnu merupakan dampak positif dari masyarakat Kabupaten Kediri yang mulai peduli dengan administrasi kependudukan dalam hal ini dokumen akta kematian dengan peningkatan aktivitas warga mengurus dokumen akta kematian pada Dispendukcapil Kabupaten Kediri.

“KPU Kabupaten Kediri menyampaikan apresiasi kepada warga masyarakat yang telah sadar dan pro aktif melakukan pengurusan dokumen Akta Kematian bagi kerabat atau saudaranya yang telah meninggal Dunia,” tambah Wisnu.

Selain itu KPU Kabupaten Kediri juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap instansi terkait terutama Dispendukcapil Kabupaten Kediri atas dukungan dan kontribusi serta sinergi dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan guna mewujudkan Data Pemilih yang akurat, komprehensif dan mutakhir. (ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here