Kediri (Jatimsmart.id) – Stress adalah reaksi tubuh terhadap kondisi yang berat dan menyulitkan. Hal ini sering terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Terutama saat menghadapi pandemi Covid-19, dimana kita diharuskan untuk berdiam diri dirumah dan melakukan segala kegiatan dari rumah, mulai dari sekolah, bekerja, membeli kebutuhan dan lain sebagainya.

Tak jarang, hal ini membuat kita jenuh dan berakibat stress. Namun, tak usah terlalu dipikirkan, kamu bisa mengikuti beberapa cara ini untuk mengatasi diri dari stress agar tidak berkepanjangan.

BACA JUGA:

  1. Minum Jus Jeruk

    Cara ini terbilang mudah, kamu hanya perlu membuat jus jeruk atau es jeruk sendiri di dalam rumah. Minuman menyegarkan ini benar-benar dapat membuatmu lebih tenang dan kembali fokus. Menurut penelitian, makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, seperti jus jeruk, mampu secara fisiologis mengurangi stres dengan menurunkan kadar hormon stres, termasuk kortisol. Selain itu, vitamin ini juga dapat memerangi kerusakan akibat stres oksidatif.

  2. Kunyah Permen Karet
    Cara unik yang satu ini bisa dicoba kapanpun dan saat apapun loh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Andrew Scholey, Ph.D., orang-orang yang secara teratur mengunyah permen karet menunjukkan penurunan tingkat kecemasan, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi stres, dan meningkatkan kemajuan multi-tasking.
  3. Tarik Napas Dalam-dalam

    Mengambil napas dalam-dalam telah terbukti menurunkan kadar kortisol, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Untuk memulainya, cobalah duduk dengan tenang, cari tempat yang sepi dan nyaman. Kemudian, tutup mata Anda dan ambil napas melalui hidung. Kemudian, hirup dalam-dalam dalam dua hitungan. Tahan napas dalam satu hitungan, lalu buang napas perlahan, dalam empat hitungan.

BACA JUGA:

Beberapa cara ini sangat mudah untuk dilakukan, apalagi saat pandemi seperti ini. Kamu tidak perlu jauh-jauh keluar rumah untuk menghilangkan stress. Cukup duduk manis di rumah saja dan lakukan cara-cara unik ini.  Jadi, kamu ingin mencoba cara yang mana ? (gis/ydk)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here