Kediri (Jatimsmart.id) – Angka kasus Covid-19 yang semakin tinggi di Indonesia, membuat hampir seluruh rumah sakit tidak memiliki bed atau tempat kosong bagi pasien yang ingin rawat inap, oleh karena itu sebagian besar pasien Covid-19 terpaksa melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Isolasi mandiri dijalani selama 10 hari bagi pasien tanpa gejala dan 13 hari bagi pasien dengan gejala ringan. Tak hanya itu, ada 4 hal penting yang harus diperhatikan saat menjalani isolasi mandiri, diantaranya;

BACA JUGA:

  1. Evaluasi Mandiri
    Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri diwajibkan untuk mengecek suhu tubuh dan mengukur saturasi pasien setiap hari.
  2. Fasilitas Memadai
    Ada baiknya ruangan atau kamar untuk isolasi mandiri terpisah dengan kamar anggota keluarga lainnya. Kamar juga harus memiliki ventilasi udara yang baik agar sirkulasi udara dan sinar matahari dapat masuk. Hal ini dikarenakan, jika ruangan tertutup akan meningkatkan konsentrasi virus didalamnya.
  3. Protokol Kesehatan
    Walau melakukan protokol kesehatan, namun pasien dianjurkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Seperti tetap memakai masker dan mencuci tangan dengan rutin.
  4. Mengkontak Tenaga Medis
    Sebelum melakukan isolasi mandiri, ada baiknya pasien dan keluarga pasien selalu mengkonfirmasi kepada tenaga medis di rumah sakit rujukan, serta menanyakan hal-hal medis kepada tenaga medis yang terpercaya. Hal ini untuk memastikan kondisi pasien selalu aman.

BACA JUGA:

Tak hanya itu, pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri harus mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar kembali sehat seperti sedia kala. (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here