Tulunggung (Jatimsmart.id) – Kurangi kerumunan saat menyembelih hewan kurban, pengurus masjid Baitussholihin di Desa Bendiljati Kulon, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, menggunakan alat khusus. Mereka merakit sebuah alat untuk memudahkan merobohkan hewan kurban Sapi. Dengan alat ini hanya dibutuhkan sedikit tenaga untuk menyembelih hewan kurban.

Ketua Panitia Kurban Masjid Baitussholihin, Anas Saikhu menerangkan pembuatan alat ini berawal dari pengalaman sulitnya menyembelih hewan kurban terutama sapi. Ukuran sapi yang cukup besar membutuhkan banyak orang dan tenaga untuk merobohkanya. Mereka kemudian mencari model alat tersebut di internet untuk memudahkan proses penyembelihan hewan kurban sapi. “Alat ini juga dirancang untuk mengurangi rasa sakit pada hewan sebelum di sembelih,” ujarnya, Selasa (20/7/2021).

Sebelum dilakukan penyembelihan, sapi digiring masuk ke dalam alat tersebut. Setelah masuk bagian perut sapi kemudian diikatkan pada sebuah papan. Panitia kemudian merobohkan papan tersebut dan mengikat kaki sapi. Selanjutnya mereka menyembelih hewan kurban ini tanpa mengalami kendala. “Alat ini sangat praktis dan efektif serta membantu kelancaran proses penyembelihan hewan kurban,” terangnya.

Dengan menggunakan alat tersebut, praktis tidak banyak orang yang terlibat. Jika secara manual mereka membutuhkan hingga 10 orang, dengan alat ini cukup 5 orang saja yang terlibat. Selain menghemat tenaga, mereka juga bisa menerapkan anjuran pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan. “Kita bisa menjaga jarak dan menghindari kerumunan sehingga physical distancing sesama panitia tetap terjaga,” pungkasnya.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here