Kediri (Jatimsmart.id) – Perayaan hari raya kurban tinggal hitungan jam. Tak perlu khawatir jika memiliki persediaan daging yang banyak di esok hari, karena ternyata kamu tetap bisa menyimpannya dengan aman di dalam lemari es, namun tetap perhatikan beberapa hal berikut ini agar daging tetap fresh.

BACA JUGA:

  1. Jangan Dicuci Terlebih Dahulu
    Jangan mencuci daging terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Hal ini dikarenakan pencucian bisa membuat aroma semakin tajam. Selain itu, air yang meresap ke dalam serat akan membuat daging lebih mudah rusak.
  2. Potong Sesuai Takaran
    Sebelum disimpan, sebaiknya potong-potong daging sesuai ukuran konsumsi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pencairan daging saat dikeluarkan dari lemari es. Selain itu, daging yang lebih kecil juga memakan lebih sedikit tempat di lemari es.
  3. Masukkan Ke Wadah Kedap Udara
    Sebelum disimpan di lemari es, masukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Pastikan wadah atau kantung plastik yang digunakan berbahan food grade, karena wadah ini akan bersentuhan dengan daging hingga berbulan-bulan. Jangan sampai wadah yang digunakan membahayakan kesehatan.
  4. Bekukan di Suhu -18 Derajat Celcius
    Tujuan utama membekukan daging pada suhu -18 C ini adalah untuk menidurkannya. Dalam keadaan beku, bakteri di dalam daging tidak akan bereaksi. Hal ini akan membuat daging menjadi awet secara alami.

BACA JUGA:

Cara ini bisa kamu praktekkan dengan mudah ya, dengan begitu daging akan tahan lama dan tetap fresh saat akan diolah menjadi kudapan lezat. Tentu nutrisi dalam daging akan tetap terjaga selagi kamu melakukan cara-cara diatas. (gis/ydk)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here