Kediri (Jatimsmart.id) – Data menunjukkan bahwa virus Covid-19 sudah menyebar di 155 negara, kondisi ini dinyatakan sebagai pandemi global. Penyebaran kasus Covid-19 ini sendiri berdampak sangat besar bagi dunia, seperti penutupan kota dan negara, pembatalan penerbangan dan transportasi, peniadaaan festival dan berbagai kegiatan lainnya yang harus di berhentikan.

BACA JUGA:

Di tengah melonjaknya kasus Covid-19 ini, terdapat beberapa negara yang sudah berhasil mengatasi dan keluar dari ancaman virus berbahaya ini. Meskipun belum belum 100% tetapi beberapa negara tersebut sudah mulai melonggarkan protokol kesehatan, termasuk mengizinkan warganya untuk beraktivitas tanpa masker.

Kebijakan tersebut tentu belum bisa di terapkan oleh setiap negara, karena masih mempertimbangkan beberapa aspek. Dilansir dari Khaleej Times melalui Kompas.com,  berikut beberapa negara yang berhasil mengatasi kasus Covid-19 dengan melakukan lockdown, vaksinasi massal, melacak kasus secara masif, riset dan memperketat protokol kesehatan;

  1. Italia
    Memulai pembebasan aktifitas tanpas masker dari tanggal 28 Juni 2021.
  2. Spanyol dan Islandia
    Dua negara ini mulai perlahan terlepas dari virus Covid-19 dan kembali ke kehidupan normal terhitung sejak tanggal 26 Juni 2021.
  3. Yunani 
    Negara di Eropa ini telah membebaskan warganya dari pemakaian masker di tempat terbuka semenjak 24 Juni 2021 lalu.
  4. Korea Selatan
    Negara ini telah membebaskan penggunaan masker dan protokol kesehatan hanya untuk warganya yang telah melakukan vaksinasi.

BACA JUGA:

Tak hanya 5 negara itu saja, sebelumnya, Perancis, Denmark dan Amerika telah mendeklarasikan diri “Merdeka” dari masker di tengah gelombang Covid-19 ini.

Tentu, Indonesia bia mencontoh cara-cara yang diterapkan oleh negara-negara tersebut untuk terbebas dari Covid-19 secara perlahan. Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gerak cepat melaksanakan vaksinasi secara merata di seluruh wilayah dan untuk semua golongan umur. (*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here