Kediri (Jatimsmart.id) – Konsumsi makanan daging yang berlemak secara berlebihan selama Hari Raya Idul Adha dapat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang memicu penyakit seperti jantung dan stroke. Pola perubahan gaya hidup dapat menjadi pilihan yang lebih sehat, selain penggunaan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol karena makan daging. Ada beberapa makanan sehat yang dapat dikonsumsi sehabis memakan daging, diantaranya;

  1. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan seperti kenari, kacang tanah, walnut, dan almond adalah jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal. Selain itu, kacang-kacangan juga memasok vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3.
  2. Alpukat
    Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, dan nutrisi fitosterol serta polifenol. Setelah memakan daging, ada baiknya mengonsumsi alpukat secara rutin agar kadar kolesterol jahat (LDL) cenderung rendah.
  3. Buah Beri
    Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, rasberi termasuk buah-buahan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat, makan buah beri juga bisa menurunkan gula darah. Meskipun memiliki rasa yang manis, buah beri termasuk asupan dengan kandungan indeks glikemik rendah. Buah kaya serat ini bisa dicerna perlahan oleh tubuh dan tidak membuat gula darah melonjak.
  4. Sayuran Berdaun Hijau
    Sayuran berdaun hijau bisa menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat asam empedu dan membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak kolesterol. Kandungan zat lutein dalam sayuran berdaun hijau juga terbukti bisa mencegah terbentuknya plak di dinding pembuluh darah arteri.
  5. Oat
    Oat dari gandum utuh mengandung serat larut jenis beta-glukan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme tubuh. Hal tersebut yang menjadikannya cocok dimakan untuk mengurangi kolesterol tinggi.

Kelima makanan ini merupakan makanan yang dapat dinikmati untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Tentunya, harus dikonsumsi secara rutin agar kolesterol perlahan-lahan menurun. (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here