vaksin
infografis: ira

Kediri (Jatimsmart.id) – Vaksinasi telah diberikan kepada sebagian besar masyarakat Indonesia secara bertahap. Sebanyak 34 juta orang telah mendapatkan vaksinasi tahap pertama dan 14 juta orang telah mencapai tahap kedua.

Disamping itu, sebagian besar orang mengungkapkan bahwa mereka merasakan efek samping yang ditimbulkan dari adanya vaksinasi. Efek samping yang terjadi diantaranya; demam, nyeri pada bagian suntik, lemas dan lain sebagainya.

Lalu apa saja yang perlu kita lakukan agar tubuh tetap sehat atau fit seusai vaksinasi? Dirangkum dari kumparan.com, simak informasinya berikut:

BACA JUGA:

  1. Rutin minum air putih
    Pastikan tubuh terhidrasi, langkah ini sangat baik untuk melancarkan proses vaksinasi dalam tubuh. Menurut jurnal penelitian Cambridge University, menerima asupan air putih yang cukup mampu menyegarkan otak hingga menghilangkan sakit kepala, apalagi setelah vaksinasi.
  1. Jaga imunitas tubuh dengan istirahat yang cukup
    Pada saat tidur, tubuh menjadi rileks, sehingga memberikan waktu istirahat dan membangun kembali otot-otot yang sudah lelah sepanjang hari. Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh, fungsi metabolik, kekebalan tubuh, dll.
  1. Perbanyak konsumsi makanan sehat
    Usai vaksin usahakan tubuh menerima banyak vitamin, nutrisi, dll. Untuk mendapatkan kandungan tersebut, kalian bisa mendapatkannya dari mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, beras merah, dll.
  1. Tinggalkan kebiasaan minum alkohol
    Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit AS (CDC), alkohol mampu memicu dehidrasi dalam tubuh. Kemungkinan terburuknya, apabila mabuk, bisa memperparah efek samping yang ditimbulkan, baik oleh alkohol maupun vaksin itu sendiri.

BACA JUGA:

Pastikan kalian tetap menjaga kesehatan tubuh usai melaksanakan vaksinasi. Cara-cara tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan secara teratur. Tentu, hal ini menjadi penting untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit dan dapat melakukan aktifitas sehari-hari. (ira/gis)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here