Kediri (Jatimsmart.id) – Tidak lama lagi umat islam akan segera merayakan hari raya idul adha. Penentuan hari raya idul adha atau yang kerap disebut dengan lebaran haji ini akan digelar pada Sabtu (10/7/21) besok. Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin, bahwa sidang Isbat yang digelar secara terbatas tersebut dijadwalkan akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Isbat awal dzulhijah digelar 10 Juli 2021, sesuai protokol kesehatan. Undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” ungkap Kamaruddin dalam keterangan resminya yang dikutip Jum’at (9/7).

BACA JUGA:

Kamaruddin juga mengatakan, bagi undangan yang tidak kebagian untuk hadir secara langsung, bisa mengikuti melalui daring.

“Peserta dari unsur pimpinan ormas Islam kita undang untuk mengikuti sidang isbat melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan,”

Selain itu, Agus Salim selaku Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah mengatakan, sidang isbat akan terbagi menjadi tiga tahap.

Untuk sesi pertama berupa pemaparan posisi hilal awal Dzulhijah 1442 Hijriah yang akan dilakukan oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Thomas Djamaludin pada pukul 17.00 WIB.

Sedangkan untuk sesi kedua, sidang Isbat akan dimulai setelah maghrib dan dipimpin oleh Menag Yaqut. Pada sesi kedua, sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

Sementara untuk sesi terakhir yakni sesi ketiga, Menteri Agama akan mengumumkan hasil sidang isbat secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag.

Hingga saat ini, baru Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah yang telah menetapkan Idul Adha 2021. Menurut PP Muhammadiyah Idul adha jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

BACA JUGA:

Keputusan tersebut tertuang dalam Maklumat nomor 01/MLM/I.0/E/2021 tentang penetapan hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah 1442 Hijriah.

Sedangkan penetapan Idul Adha 2021 dari pemerintah masih menunggu sidang Isbat yang akan digelar pada Sabtu besok (10/7).

Karena Idul Adha kali ini bertepatan dengan PPKM Darurat, berbagai ormas keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia dan Muhammadiyah, meminta kepada seluruh umat islam untuk shalat Id dan menyembelih hewan kurban dirumah saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan dan penularan Covid-19. (yun/gis)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here