covid
Infografis perjalanan munculnya Covid-19/ ira

Kediri (Jatimsmart.id) – Sudah lebih dari setahun sejak awal kasus Covid-19 diumumkan di Indonesia pada 2 Maret 2020. Virus mematikan yang berasal dari Cina ini disinyalir sudah terdeteksi sejak tahun 2019.

Seiring berjalannya waktu, pemerintahan di berbagai negara, termasuk Indonesia terus berupaya melakukan langkah-langkah penanganan untuk mengusir virus berbahaya yang satu ini.

BACA JUGA:

Tentu, penyakit yang satu ini membawa banyak perubahan bagi masyarakat di seluruh dunia. Simak kembali munculnya Covid-19 dari awal terdeteksi hingga saat ini, seperti yang telah dirangkum berikut ini;

  1. Januari 2020
    Virus Covid-19 sendiri disinyalir sudah muncul sejak tahun 2019 di negara asalnya, China. Setelah itu, pada bulan Januari 2020, negara pertama yang melaporkan adanya penyebaran Covid-19 adalah Amerika, disusul dengan negara-negara lainnya.
  2. Februari 2020
    Selanjutnya, pada bulan Bulan Februari, sekelompok ilmuan merilis pernyataan bahwa Covid-19 berasal berasal dari olahan makanan China yang berbahan dasar kelelawar.
  3. April-Mei 2020
    Fase berikutnya, pada bulan April sampai Mei, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa Covid-19 berasal dari kab Wuhan. Hal ini ia ungkapkan berdasarkan data dari seorang ilmiah dan intelijen yang mengamati virus tersebut.
  4. Maret 2021
    Satu tahun kemudian pada bulan Maret 2021, Dirjen WHO mendorong lebih lanjut mengenai studi Covid-19 yang diduga datang dari Wuhan, China.
  5. Mei 2021
    Selanjutnya, pada pernyataan terakhir Mei kemarin terdapat beberapa ilmuan berstatement bawha terjadi kecelakaan lab dan Zoonosis yang menjadikan kejadian tersebut sebagai hipotesis yang harus di pertimbangkan. Oleh karenanya, Presiden AS Joe biden memerintahkan investigasi  tentang asal usul Covid-19.

BACA JUGA:

Sejauh ini, pihak internasional juga terus mengkaji virus berbahaya yang satu ini. Disamping itu, seluruh negara, termasuk Indonesia terus mengupayakan untuk menghilangkan Covid-19 dengan berbagai cara, seperti mengkampanyekan 5M, PPKM, lockdown, hingga vaksinasi. (rhm/gis)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here