kelud
Persiapanrencana pembukaan Gunung Kelud oleh Bupati Kediri

Kediri (Jatimsmart.id) – Setelah hampir 1 Tahun ditutup untuk wisata umum, Gunung Kelud dalam.waktu dekat ini rencananya akan kembali dibuka untuk wisata masyarakat umum.

Hal ini menyusul setelah Pemerintah Kabupaten Kediri bersama dinaa terkait, seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri melakukan sidak dan diskusi bersama dengan warga masyarakat sekitar Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar.

BACA JUGA:

Kabar akan dibukanya wisata Kelud dan sejumlah lokasi wisata lain di Kabupaten Kediri disambut baik oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kediri. Adi Hasto Utomo selaku Ketua Pokdarwis menganggap bahwa pembukaan ini sangat memberikan angin segar bagi warga, terutama mengembalikan kondisi ekonomi.

“Alhamdulillah kalau memang pemerintah Kabupaten Kediri akan membuka wisata Kelud. Apalagi tadi pagi saya juga sudah dihubungi Disbudpar. Karena tentu saja hal ini akan membuka kesempatan menghidupkan ekonomi warga disekitar lokasi wisata setelah tutup selama 1 Tahun. Dan yang jelas menggunakan protokok kesehatan Covid-19,” ucap Adi Hasto Utomo.

Sementara itu bagi Pemerintah Kabupaten Kediri mengaku telah berdiskusi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas Covid-19 Kediri untuk mulai melakukan relaksasi tempat wisata.

“Saya telah berdiskusi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas Covid-19 Kediri untuk mulai melakukan relaksasi tempat wisata, kita akan buka dalam waktu dekat,”  jelas Hanindhito Himawan, Senin (5/4/2021).

Semrntara itu untuk tanggal dibuka pun masih dikomunikasikan dengan dinas terkait. Apalagi, pihaknya juga sempat berdialog dengan warga sekitar. Umumnya, mereka ini menggantungkan hidup di sektor pariwisata Gunung Kelud ini.

BACA JUGA:

Abdul Rokhim, salah seorang warga dan sekaligus Penjaga Kawah Gunung Kelud mengaku sangat senang dengan adanya informasi bahwa Gunung Kelud mau dibuka.

“Selama pandemi ini, Kelud memang tidak dibuka untuk pengunjung. Ini juga seiring adanya imbauan pemerintah soal protokol kesehatan, makanya kalau dibuka ini Alhamdulillah,” tegas Rokhim. (ad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here