Kediri (Jatimsmart.id) – Pandemi Covid-19 memang membuat kebanyakan masyarakat merasa bosan, terlebih karena kita harus lebih sering berada di dalam rumah saja tanpa melakukan aktifitas di luar ruangan. Intensitas di dalam rumah yang lebih banyak ketimbang di luar, membuat masyarakat mengisi rasa bosan dengan bermain handphone atau gadget untuk membuka media sosial.

Berselancar di media memang dapat mengurangi rasa bosan, namun lama-kelamaan akan membuat kalian kecanduan loh. Oleh karena itu, kamu harus butuh istrihat sejenak dari bermain media sosial. Bagaimana cara mengetahui jika kita membutuhkan jeda dari media sosial ?

BACA JUGA:

  1. Sering Membandingkan Diri
    Menghabiskan terlalu banyak waktu online di medsos bisa membuat seseorang kesulitan membedakan perspektif online dan kehidupan nyata. Tentu hal ini akan membuat individu merasa cemas dalam dirinya dan muncul rasa tidak percaya diri.
  2. Terobsesi Mengecek Gadget
    Mengecek notifikasi setap saat juga menjadi pertanda bahwa kamu sudah kecanduan bermain media sosial dan butuh istirahat. Tentu saja, aktivitas digital ini akan menganggu relasi sosial di kehidupan nyata.
  3. Interaksi Dunia Nyata Terganggu
    Hal ini bisa berupa komplain penurunan interaksi yang disampaikan dari orang-orang sekitarmu. Indikasi lain harus istirahat dari media sosial adalah terus-menerus menerima info yang sama dari berbagai platform media sosial.

BACA JUGA:

“Kalau aku, saat mata udah lelah menghadap layar handphone sih langsung istrihat aja, itu pertanda aku udah kebanyakan main sosmednya,” ujar Firza, salah seorang pelajar, Jumat (26/3).

Benar saja, saat mata mulai merasakan perih, panas dan kepala mulai pusing, itu merupakan salah satu pertanda bahwa kamu harus istirahat sejenak dari dunia maya. Istirahat dari dunia maya tak selamanya membosankan, terdapat banyak alternatif kegiatan yang bisa dicoba, mulai dari olahraga, memasak dan lainnya. Jangan sampai mengorbankan kesehatanmu ya! (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here