Tulungagung (Jatimsmart.id) – Pemerintah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur menyiapkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk memperbaiki jalan antardesa di Desa Krosok dan Desa Ngluntung yang longsor akibat guyuran hujan deras selama dua hari terakhir.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Maryoto dan Plt Kepala Dinas PUPR Robinsos Nadeak, setelah meninjau langsung titik jalan longsor di Desa Krosok.

BACA JUGA:

“Ini (jalan longsor) perlu untuk dibuat segera penanganan. Sedang kami fikirkan konstruksi mana yang tepat,” ungkapnya.

Untuk normalisasi atau perbaikan, Plt Kepala Dinas PUPR Tulungagung Robinson Nadeak menyatakan butuh konstruksi permanen, bukan sementara seperti penimbunan karung-karung berisi pasir ataupun pembuatan bronjong.

Opsi bronjong bisa tetap digunakan untuk penguat tebing, namun konstruksi jalan dan plengseng penahan tebing harus dibuat permanen. Untuk perbaikan dilakukan menyeluruh sepanjang 150 meter. Pasalnya beberapa bagian jalan juga terlihat retak dan berpotensi terjadi longsor susulan.

BACA JUGA:

Sementara, langkah darurat yang akan dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengembalikan tanah yang longsor ke tempat semula, menggunakan alat berat excavator.  (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here