Kediri (Jatimsmart.id) – Sebagian orang memiliki ketakutannya tersendiri pada sesuatu, salah satu hal yang di takuti oleh seseorang adalah laut. Ketakutan pada laut yang sangat kuat disebut dengan thalassophobia.

BACA JUGA:

Seseorang yang mengidap thalassophobia akan merasa cemas, pusing, badan bergetar dan panik jika berada di area lautan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengidap thalassophobia, diantaranya pengalaman traumatis, genetik dan perkembangan otak, seperti yang diungkapkan salah satu pelajar pengidap thalassophobia berikut ini.

“gatau karena apa ya tapi kalau liat lautan dalam itu rasanya berdebar dan keringet dingin, takut aja,” Tiara, Senin (22/2).

Namun, tak usah khawatir, thalassophobia ini dapat disembuhkan dengan melakukan beberapa tahapan terapi psikologis. Terapi ini mengutamakan terapi pada perilaku koginitif untuk mengubah pola pikir dan perilaku pengidap thalassophobia menjadi positif terhadap laut. Berikut proses terapi yang akan dilakukan oleh psikiater:

  1. Psikiater akan menunjukkan gambar laut dan mempersilahkan pasien untuk menyentuh gambar tersebut. Sembari begitu, psikiater tersebut akan menceritakan hal-hal positif mengenai laut pada pasien.
  2. Setelah melakukan beberapa kali sesi terapi, pasien akan diajak mengunjungi lautan sembari kembali di ceritakan hal-hal menyenangkan dan menenangkan mengenai laut.
  3. Terapi ini harus di lakukan beberapa kali untuk mencapai kesembuhan dan terlepas dari bayang-bayang ketakutan akan lau.

BACA JUGA:

Tak perlu takut untuk berkonsultasi pada psikiater atau psikolog akan penyakit thalassophobia. Semakin cepat penanganannya, maka semakin cepat pula kesembuhan yang akan di dapatkan. (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here