Kediri (Jatimsmart.id) – Di era yang serba digital seperti saat ini, tentunya memudahkan masyarakat untuk melakukan aktifitas. Tidak terkecuali kegiatan menyebarkan dan mengkonsumsi berita. Siapapun dapat dengan mudah membaca dan mengirim berita  dimanapun mereka berada.

Hal tersebutlah yang menyebabkan fenomena hoax sering terjadi. Pasalnya, terkadang masyarakat tidak membaca dan mengkonfirmasi berita tersebut terlebih dahulu. Hoax sendiri diartikan sebagai berita bohong yang disampaikan seolah-olah itu benar adanya. Kementrian Komunikasi menghimbau pada masyarakat Indonesia untuk tetap berhati-hati terhadap berita apapun yang mereka peroleh agar tidak terhasut.

BACA JUGA:

Lalu, bagaimana cara agar menghindari berita hoax ? Yuk simak strateginya berikut ini;

  1. Perhatikan Judul
    Hal utama yang bisa diamati adalah judul berita. Berita hoax akan menggunakan judul yang provokatif, memihak dan bernada negatif.
  2. Alamat Situs
    Pastikan portal berita tersebut merupakan media yang kredibel. Jika media tersebut dan alamat situsnya belum terverikasi, maka kamu perlu meragukan keaslian beritanya.
  3. Verivikasi
    Kamu bisa juga membandingkan berita tersebut dengan berita dari sumber lainnya. Tentunya hal ini untuk memastikan bahwa berita yang kamu peroleh tersebut benar adanya.

BACA JUGA:

“aku selelu percaya dan membaca berita dari online, tapi aku juga pilih-pilih portal media online yang udah terjamin kredibilitasnya,” ujar Najwa, salah seorang Mahasiswa di Kota Kediri, Kamis (15/2)

Cara menghindari hoax sangat mudah, oleh karena itu dengan ini masyarakat diharap lebih teliti dalam menyebarkan dan mengkonsumsi berita. Pastikan dulu kebenarannya agar tidak terjadi salah informasi. (gis/ydk)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here