aktivitas

Kediri (Jatimsmart.id) – Kalori dalam tubuh memang dapat menambah energi saat beraktivitas dan mendukung fungsi berbagai organ tubuh. Akan tetapi, pengonsumsian kalori yang berlebih dapat menyebabkan penumpukan lemak yang kemudian akan membuat seseorang mengalami kelebihan berat badan. Kabar baiknya, di masa pandemi seperti saat ini, aktivitas di rumah pun juga bisa membantu membakar kalori, diantaranya yaitu:

BACA JUGA:

  1. Memasak
    Jika kamu senang memasak sendiri di rumah, sebenarnya kamu telah membantu tubuhmu untuk membakar kalori. Proses selama memasak mulai dari menyiapkan bahan, memasak, hingga membersihkan dapur dapat membantu membakar kalori kurang lebih sebanyak 128 kalori. Jumlah tersebut bisa lebih tinggi jika kamu memulai aktivitas masakmu dengan pergi berbelanja.
  2. Membersihkan rumah
    Aktivitas membersihkan rumah seperti menyapu, mengepel, membersihkan kamar tidur dan kamar mandi serta sederet aktivitas lainnya bisa membantu kamu untuk membakar kalori sebanyak 100 kalori dalam waktu 30 menit. Jika aktivitas yang dilakukan lebih berat, maka jumlah kalori yang terbakar dapat mencapai 200 kalori.
  3. Berkebun
    Bagi kamu yang memiliki hobi berkebun, rangkaian aktivitasnya dapat kamu manfaatkan untuk membantu tubuh membakar kalori. Proses mulai menanam hingga memanen dapat membantu membakar kalori sebanyak 100 kalori untuk setiap 25 menitnya. Jika kamu menanam sayuran, kamu juga bisa menikmati hasilnya untuk menunjang pola hidup sehat.
  4. Naik turun tangga
    Dengan berjalan menaiki dan menuruni tangga, kamu bisa membakar kalori yang ada dalam tubuh sebanyak 100 kalori setiap 10 menitnya. Aktivitas ini juga akan membantu kamu untuk menambah kekuatan otot kaki dan membakar kalori lebih banyak lagi.
  5. Istirahat
    Istirahat atau tidur juga dapat membantu tubuh untuk membakar kalori. Hal ini karena hormon melatonin dalam tubuh akan merangsang produksi lemak beige yang bersifat membuang kalori dalam tubuh. Pembakaran kalori dapat semakin optimal jika tidur dilakukan dengan pola yang baik dan benar.

BACA JUGA:

“Di masa pandemi seperti ini memang tempat olahraga jadi terbatas, tapi kita tetap bisa membakar kalori dalam tubuh dengan melakukan aktivitas sehari-hari di rumah” ujar Ayu, Jumat (8/1).

Dengan aktivitas sehari-hari saja kalori dalam tubuh dapat terbakar. Agar lemak tidak menumpuk, jangan lupa tetap beraktivitas ya meskipun di rumah. (dwi/gis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here