jalan kai
Jaga Tubuh Tetap Sehat Dengan Berolahraga

Kediri (Jatimsmart.id) – Memasuki tahun 2021 tentunya masyarakat harus semakin menjaga diri dan kesehatan, terlebih virus Covid-19 masih menyebar di seluruh penjuru Nusantara. Olahraga merupakan salah satu alternatif menjaga tubuh dari marabahaya, salah satunya dengan berjalan kaki.

Jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga sederhana dan praktis yang dapat dilakukan di kapan saja. Meskipun tergolong ringan, akan tetapi jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dilakukan secara teratur setiap hari atau paling tidak lima kali dalam seminggu. Berikut adalah manfaat yang bisa kamu rasakan jika rutin olahraga jalan kaki:

BACA JUGA:

  1. Membakar kalori
    Rutin jalan kaki dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Ini karena jalan kaki dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin yang akan membantu mengurangi lemak yang ada pada perut. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa jalan kaki dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Dengan berjalan kaki menggunakan kecepatan sedang selama 30 menit seseorang dapat membakar kalori dalam tubuh hingga 150 kalori.
  2. Mencegah terjadinya depresi
    Suasana hati yang sering berubah memberikan kemungkinan terjadinya depresi dalam diri seseorang. Hal ini dapat dicegah salah satunya dengan cara berjalan kaki karena ketika berjalan kaki endorfin pembunuh rasa sakit akan menyebar dengan baik ke seluruh tubuh. Dengan berjalan kaki selama 30 menit hingga satu jam akan membantu seseorang untuk mengurangi stres dan memperbaiki mood apalagi jika berjalan kaki diselingi dengan interaksi sosial makan sistem saraf akan membantu menurunkan emosi seseorang.
  3. Menjaga kesehatan sendi
    Ketika sendi jarang digunakan untuk bergerak maka akan memicu terjadinya kaku pada persendian yang bisa berujung pada terjadinya radang sendi. Hal ini dapat dicegah dengan berjalan kaki. Aktivitas ini meskipun ringan namun dapat membantu memperkuat otot-otot disekitar persendian. Jalan kaki juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.
  4. Meningkatkan fokus
    Rutin berjalan kaki dapat membantu seseorang untuk lebih fokus. Hal ini karena dengan berjalan kaki secara rutin dapat membantu seseorang untuk menjaga ingatannya dan menjadi lebih kreatif dalam berfikir karena oksigen dan suplai darah ke otak menjadi semakin cepat.
  5. Meningkatkan kesehatan jantung
    Berjalan kaki dapat membantu seseorang untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena dengan berjalan kaki minimal 30 menit dapat membantu tubuh untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jika rutin dilakukan maka tubuh akan lebih bisa mengontrol tekanan darah dan membuat jantung lebih kuat.

BACA JUGA:

“Setelah saya rutin berjalan kaki, saya merasakan tubuh lebih sehat dan segar” ujar Aisyah, Minggu (3/1).

Meskipun praktis dan terkesan sederhana, namun jalan kaki sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk malas-malasan ya. (dwi/gis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here