virus

Probolinggo (Jatimsmart.id) – Kepala Dinas Perhubungan Kota Probolinggo Sumadi meninggal dunia pada Senin petang, setelah menjalani perawatan karena terpapar virus corona jenis baru penyebab COVID-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Probolinggo dr. Nurul Hasanah Hidayati menjelaskan bahwa Kadishub Sumadi sempat mengalami batuk dan pilek pada 13 Desember 2020 saat menghadiri kegiatan rapat.

BACA JUGA:

Kemudian, Kadishub Kota Probolinggo Sumadi menjalani pemeriksaan tes usap di RSUD dr Mohamad Saleh pada 15 Desember 2020 dan hasilnya dinyatakan positif terpapar COVID-19.

“Teman-teman dari puskesmas langsung ke rumah beliau untuk memberikan obat antivirus, vitamin dan obat sesuai keluhannya. Pada malam harinya Pak Sumadi sudah ada di RSUD dr. Mohamad Saleh,” katanya.

Menurut dia, kondisi Kepala Dishub Kota Probolinggo Sumadi sempat membaik, tetapi beberapa hari kemudian harus dibawa ke RSUD Saiful Anwar Kota Malang karena kondisinya memerlukan perawatan lebih lanjut.

“Pertamanya kondisinya bagus, sempat drop, bagus lagi. Kondisinya naik turun. Pada Minggu (27/12) malam dikabari kondisi beliau sedang tidak baik,” katanya.

Kadishub Kota Probolinggo Sumadi mempunyai komorbid atau penyakit bawaan diabetes melitus, hipertensi, dan jantung koroner, sehingga ia juga sempat panik setelah dinyatakan positif terpapar COVID-19.

BACA JUGA:

“Klaster dari mana Pak Sumadi terpapar, saya belum mengetahuinya karena sulit terdeteksi,” katanya.

Ia menjelaskan tentang tingginya angka kematian pasien COVID-19 di Kota Probolinggo yang mencapai 100 orang hingga 28 Desember 2020. Analisa banyaknya pasien COVID 19 meninggal dunia itu karena sebagian besar mempunyai komorbid. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here