sehat
Jaga Tubuhmu Sehat Dengan Minum Air Putih

Kediri (Jatimsmart.id) – Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membuat tubuh selalu sehat. Selain dengan berolahraga, istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi, tubuh juga memerlukan cairan agar tetap bugar. Cairan ini bisa di dapatkan dari mana saja, seperti vitamin, ion dan lain sebagainya. Namun, tidak usah repot-repot membeli cairan-cairan tersebut karena dengan meminum 8 gelas air putih dalam sehari saja sudah dapat menopang tubuh agar kuat beraktifitas seharian.

Seperti yang kita ketahui, air putih merupakan penghilang rasa haus bagi manusia, lebih dari itu, air putih yang di minum secara rutin setiap harinya juga dapat membantu memperlancar fungsi kerja tubuh. Jika terlalu sedikit atau bahkan terlalu banyak meminum air putih akan memperlambat proses kerja tubuh, oleh karena itu dianjurkan untuk meminumnya secara cukup.

BACA JUGA:

Namun sayangnya, dengan pentingnya meminum air putih ini masih banyak orang yang tidak meminumnya secara berkucupan. Ironisnya, mereka mengaku alasan tidak meminum air putih secara berkecukupan karena lupa. Padahal, tidak meminum air putih adalah salah satu faktor yang amat fatal.

Seperti yang dirasakan oleh Rina, seorang pekerja kantoran yang sering lupa minum air putih karena jadwalnya yang sangat sibuk, “iya dulu sering banget lupa minum air putih, rasanya ngantuk terus, tapi sekarang udah mulai membiasakan diri,” tuturnya, Senin (21/12).

Sebenarnya apa saja manfaat air putih bagi tubuh kita ? Yuk simak ulasannya berikut ini;

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Minum air putih secara rutin memang sangat bermanfaat bagi tubuh, namunminum air putih pada malam hari sebelum tidur memiliki manfaat lebih untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Hal ini lah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  1. Membersihkan Racun
    Air hangat yang diminum dapat meningkatkan sirkulasi darah, membantu tubuh memecah limbah dan meningkatkan tubuh untuk mengeluarkan keringat, dengan begitu racun-racun yang ada di tubuh akan cepat keluar.
  1. Menjaga Keseimbangan Tubuh
    Fungsi cairan sendiri bermacam-macam, mulai dari pencernaan, penyerapan, sirkulasi dan suhu tubuh. Inilah alasan mengapa air sangat diperlukan dalam tubuh. Dengan adanya air yang masuk ke dalam tubuh dapat menyeimbangkan dan memperlancar fungsi-fungsi organ tubuh .
  1. Memaksimalkan Kinerja Fisik
    Cukupnya asupan air dalam tubuh, akan membuat seseorang menjadi energik. Sebaliknya, jika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, maka otot-otot akan melemah yang menimbulkan kinerja fisik semakin menurun.
  1. Memperbaiki Suasana Hati
    Orang dengan asupan cairan air putih yang cukup pada tubuhnya akan terasa tenang. Hal ini disebabkan karena mereka cenderung memiliki siklus istirahat yang baik dan membuat dirinya memiliki emosi positif.

BACA JUGA:

Asupan air putih benar-benar harus diperhatikan oleh masyarakat. Jika menyepelakan hal ini, maka akan berdampak bagi tubuh mereka yang akan menghambat aktifitas sehari-hari. Beberapa penyakit yang timbul akibat kurangnya minum air putih diantaranya adalah diabetes, sakit kepala, kulit kering dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, biasakan untuk meminum air putih minimal 8 gelas setiap harinya agar tubuhmu tetap sehat selalu! (gis/ydk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here