digital

Kediri (Jatimsmart.id) – Di masa pandemi, semakin banyak aktivitas yang dipermudah bahkan berpindah ke dunia digital. Didukung dengan teknologi yang terus berkembang, masyarakat semakin mudah melakukan aktivitasnya secara online. Hal ini tentu tidak terkecuali dalam hal bisnis. Sebagian besar bisnis akan beralih ke digital atau yang biasa kita sebut onlineshop.

Perlu diketahui, bahwa semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak pula tantangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, berikut adalah tantangan bisnis di era digital yang perlu dipahami agar lebih siap berproses di dunia bisnis.

BACA JUGA:

  1. Transformasi digital
    Perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih tentu menambah banyak manfaat bagi para pelaku bisnis. Namun hal tersebut harus diimbangi dengan kemampuan bisnis yang dijalankannya. Setiap pelaku bisnis dituntut untuk terus belajar agar mampu beradaptasi dengan dunia digital.
  2. Persaingan yang terus meningkat
    Kemudahan akses yang disuguhkan oleh perkembangan teknologi, membuat banyak orang tertarik untuk berbisnis. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis harus menciptakan inovasi-inovasi baru agar berbeda dengan bisnis-bisnis lainnya.
  3. Sumber daya manusia
    Agar semakin optimal, maka penggunaan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang mengoperasikannya. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan ini pebisnis harus mampu merekrut orang yang memiliki kemampuan yang mencukupi serta melakukan upgrade ilmu pada pekerja secara berkala.
  4. Kecepatan
    Selain dari teknologi yang menuntut pelaku bisnis untuk adaptif, masyarakat juga menuntut adanya kecepatan dalam pelayanan yang jika tidak dipenuhi, pelaku bisnis akan kehilangan pelanggan.
  5. Hilangnya jati diri sebuah bisnis
    Pelaku bisnis yang memasukkan bisnisnya ke dunia digital terkadang terlalu cepat melakukan terobosan baru yang kekinian daripada mengembangkan strategi pemasaran dan kemasannya terlebih dahulu. Hal ini membuat bisnis yang semula sudah berkembang menjadi kehilangan jati dirinya. Sebagai pelaku bisnis perlu berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan.
  6. Minat pelanggan yang berubah-ubah
    Sebagian besar masyarakat selalu ingin mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut yang membuat mereka sering mengalami perubahan selera, kebutuhan, dan keinginan. Kepintaran mereka untuk memilih produk membuat pelaku bisnis harus sering memutar otak untuk menemukan inovasi yang sesuai dengan minat masyarakat.

Beberapa tantangan ini harus diwaspadai ketika berbisnis di era digital. Tak perlu risau karena setiap hal pasti memiliki tantangannya tersendiri. Jangan pernah patah semangat dan teruslah berusaha untuk memunculkan inovasi-inovasi baru yang menunjang perkembangan bisnis kalian.

BACA JUGA:

Seperti yang dikatakan Oji, seorang entrepreneur asal Surabaya “tantangan berbisnis merupakan hal yang wajar, setiap hal pasti ada tantangannya, intinya terus semangat dan jangan menyerah” ujarnya, Senin (21/12).

Selain terus bersemangat, seorang pembisnis harus rajin dan jeli melihat fakta di lapangan untuk tetap bisa menghandle tantangan bisnis yang akan menghampirinya.

Jadi, bagaimana trik mu menghadapi tantangan bisnis ini ? (dwi/gis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here