Mas Dhito
Hanindhito Pramono berdialog dan melihat anak-anak Desa Kandangan belajar dengan internet baru usai meresmikan Desa Inovasi Teknologi (DITO)

Kediri (Jatimsmart.id) – Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, meluncurkan program Desa Inovasi Teknologi (DITO). Selain untuk memenuhi kebutuhan pemerintah desa dalam upaya mempercepat pelayanan, program ini juga diperuntukkan bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan layanan internet gratis.

Program ini diresmikan Hanindhito Himawan Pramono bersama Kepala Desa Kandangan Hendro Misdiono, di Warung Kebon Kandangan, Kabupaten Kediri, Selasa (28/7). ‘DITO’ sejalan dengan program yang digagas Putra Pramono Anung tersebut, untuk mewujudkan jaringan internet di seluruh pelosok desa di Kabupaten Kediri.

Bagi pria berusia 28 tahun ini, masyarakat khususnya generasi milenial harus siap menghadapi era yang serba digital saat ini.

“Di era digitalisasi ini kita nantinya tidak ingin lagi mendengar masyarakat buta teknologi karena kesulitan jaringan internet. Alhamdulillah hari ini Kandangan mencetak sebuah sejarah baru sebagai desa yang mempunyai internet yang mengcover satu desa,” kata Mas Dhito, sapaan akrab Hanindhito Pramono. Terlebih adanya jaringan internet akan dapat membantu masyarakat dalam setiap layanan yang terkoneksi dengan dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Kediri.

BACA JUGA : Berbincang dengan PKL SLG, Mas Dhito : Harusnya Ada Solusi dari Pemerintah

“Saya berharap kedepan semua desa tercover internet. Selain dari itu nanti bisa membantu masyarakat dalam pengurusan layanan  seperti Adminduk secara online. Karena, saya jika direstui masyarakat Kabupaten Kediri, ingin mewujudkan agar masyarakat tidak kesulitan dalam pengurusan pelayanan yang selama ini terkendala jarak,” jelas pria yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kediri tahun ini.

Kebutuhan internet sendiri saat ini, menurutnya sudah menjadi kebutuhan yang masif. Selain pendidikan yang mulai dilakukan secara daring, Dhito juga berharap program ‘DITO’ ini dapat membantu masyarakat dalam memasarkan produk UMKM serta desa wisata. Sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian.

BACA JUGA : NasDem Beri Rekomendasi Hanindhito Pramono-Dewi untuk Pilkada Kediri

Dalam kesempatan tersebut, Mas Dhito menyempatkan diri berdialog dengan sejumlah siswa yang tengah mencoba memanfaatkan internet baru tersebut untuk belajar secara daring. Ia pun tak lupa mendukung para siswa untuk terus belajar dan meraih kesuksesannya.

Sementara itu, Kepala Desa Kandangan Hendro Misdiono mengaku berterimakasih atas dukungan Hanindhito Himawan Pramono dalam program internet masuk desa yang diresmikannya hari ini. Ia juga berharap dengan adanya program ini masyarakat dapat melek teknologi.

Hanindhito Pramono
Penandatanganan kerjasama antara Desa Kandangan dan PT Ambhara Duta Shanti selaku rekanan penyedia internet.

“Harapannya bisa membantu masyarakat dengan adanya jaringan internet. Ditambah kedepan juga bisa membantu kemudahan layanan desa seperti yang dikatakan mas Dhito,” Harapnya.

Hendro juga mengaku dengan adanya kondisi pandemi ini kebutuhan internet sangat diperlukan oleh masyarakat. Salah satunya dari sisi pembelajaran sekolah yang dilakukan secara daring. Sehingga ini juga dapat membantu meringankan beban wali murid.

Skema pembiayaan jaringan internet ini sendiri, lanjut Hendro, akan dibiayai dengan dikelola BumDes serta bantuan dana penguatan dari PemDes.

“Mungkin diawal nanti akan kita berikan secara gratis terlebih dahulu. Tetapi untuk kedepan kebutuhan pembiayaan tersebut akan dikelola BumDes,” pungkasnya. (ydk/jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here