RSUD Gambiran
Direktur RSUD Gambiran Baru dr Fauzan Adima.

Kediri (Jatimsmart.id) – Setelah sekian lama terhenti, RSUD Gambiran Kota Kediri bakal membuka kembali layanan Cath lab atau yang dikenal Kateter jantung. Layanan ini terhenti sejak 2018 lalu.

Direktur RSUD Gambiran Baru dr Fauzan Adima mengatakan, berhentinya layanan Cath Lab ini disebabkan perpindahan operasional dari RSUD Gambiran lama ke baru. Sedangkan Gambiran baru tidak memiliki ruangan untuk peralatan Cath Lab tersebut.

“Sebenarnya Cath Lab itu kita punya sejak 2013 dioperasionalkan sejak 2015-2016 sudah ada ijinnya dan sudah melayani  pemasangan Ring jantung, karena ada perpindahan dari gambiran lama ke yang baru dui gedung yang baru, gedung yang baru  belum tersedia ruangan cath lab” kata dr. Fauzan.

Lebih lanjut, pihak pemerintah Kota telah mengganggarkan untuk pembangunan ruangan ini di Gambiran Baru agar pelayanan Cath Lab bisa segera dilakukan.

“Tahun ini sudah dilakukan penambahan ruangan , untuk di RSUD Gambiran baru, jika itu terealisasi alat Cath Labnya dipindah agar kembali bisa melayani,” jelas Fauzan.

Cath Lab merupakan sebuah alat yang bisa mendiaognosa kelainan jantung sekaligus bisa melakukan tindakan atau terapy terhadap jantung tersebut, misalnya ada penyempitan terlihat dikamera tersebut.

“SDM spesialis jantung juga sudah sekolah lagi, perawat sudah kita berangkatkan sudah punya sertifikat semua,” pungkasnya. (ap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here